Tags

, , , , , , , , , , , , , ,

“A problem is a chance for you to do your best.”

 

The Martian Launch One Sheet

 

Saat Hermes menuntaskan misi mereka dan bersiap meninggalkan planet Mars, kru ekspedisi ini diserang badai dahsyat. Mark Watney was hit by huge vehicle debris. Ahli botani tersebut menghilang dalam deburan pasir. Sinyal space suit nya mati. Assuming he was dead, rombongan terpaksa meninggalkan jasad Mark terkubur pasir planet merah. Hanya saja Mark ternyata masih hidup! Nyaris dua setengah jam kita akan melihat perjuangan Mark bertahan hidup sendirian di planet nun jauh di sana. Planet kosong yang enggak ada apa-apa nya. Enggak ada tumbuhan, bahkan air. Jadi, Mark harus benar-benar memutar otaknya. Menggunakan segenap kemampuannya. Memanfaatkan apa saja benda-benda yang tertinggal di base camp mereka untuk macam-macam. Bagaimana dia numbuhin makanan sendiri, cara dia mengontak NASA, lalu dia masih harus menunggu bantuan datang- pihak NASA di bumi harus nyiapin macam-macam prosedur, bikin spaceship, calculate everything, dan tentu saja masalah ribet surat-surat, paperwork, dan semuanya. Hey Mars itu jauh loh, panggil gojek juga ga bakalan putus satu hari -..-

So, film The Martian ini pasti berat dan depressing dan annoying kayak Sandra Bullock di Gravity, right?

WRONG!

 

 
Ridley Scott mengarahkan The Martian dalam pendekatan yg berbeda. Film ini punya SELERA HUMOR YANG EXCELLENT DAN GAK NORAK. Jangan kira Mark bakal ngabisin waktunya dengan meratapi nasib, merasa kesepian. Mark justru meng-handle semua masalah dengan santai. Dia ngerekam aktivitas nya di video as a journal, dengan komentar-komentar yang bikin ngakak. Dan lagi, sempat-sempatnya dia ngutuk playlist laptop sang kapten hahaha.. Kita harus bisa melihat sisi positif dari berbagai situasi bahkan saat terdampar di antah berantah, kira kira itulah yang ingin disampaikan oleh kisah survival yang satu ini. BE OPTIMISTIC. Kayak si Mark. Apapun yang menimpanya, semua kejadian buruk di Mars sana, dia selalu bisa menemukan faedahnya. Bukan hanya itu, dia juga berani menertawakn dirinya sendiri, he always find a humor in those terrible situations. And yea, sometimes it is perfectly fine untuk ngetawain sebuah tragedi yang menimpa kita. Itu nunjukin kalo kita mampu melihat sesuatu dari pendekatan yang berbeda. Mungkin karena aku juga tergolong sial maka mudah bagiku untuk feel related to Mark, but really, terus berharap dan tetap semangat, itulah yang perlu kita tiru. Berpikiran positif, di situlah awal semuanya. Mark melihat masalah sebagai kesempatan dirinya untuk berbuat yang terbaik, itulah yang diniatkan Mark untuk bisa selamat.

Hasil think positif dan kerja keras marti-martian

apapun yang terjadi tetap think positif dan kerja keras marti-martian.

 

Astronot adalah cita-cita pertama ku. Dan itu bahkan sebelum aku kenal ama yg namanya Star Wars. Aku dulu punya mainan pesawat ruang angkasa, and I was just like “Ma, pesawat apa ni?”. She then replied “pesawat astronot untuk terbang di luar angkasa”. Bam! The idea just strucked dan sukses bikin Arya Kecil selalu membayangkan betapa kerennya menjelajah ruang angkasa, heck I turned my bed head jadi semacam ruang kendali pesawat haha. Saat gede, cita-cita itu terpaksa aku buang karena jadi astronot itu ternyata ribet dan menerima kenyataan 160 cm dan berkaca mata were just not made for it. It’s kinda suck karena dari film Armageddon kita tahu bahwa jadi astronot itu gampang

lebih mudah daripada jadi geologist.

lebih mudah daripada jadi geologist.

Haha way to get our hopes high.. Meski begitu aku masih suka nonton film-film tentang ruang angkasa. Space is the core of geekdom, afterall. Dan film The Martian bikin aku berdecak kagum sambil nyesel udah nyerah gitu aja.

 

Kisah adaptasi dari novel yang judulnya juga The Martian ini can not go wrong dengan arahan dan juga dukungan dari jejeran pemeran nya yang.. well, mari absen; Jessica Chastain, Kristen Wiig, Kate Mara, Jeff Daniels, Chiwetel Ejiofor.. see, WHAT A HUGE LIST OF CAST! Mereka semua membawakan cerita dengan sangat baik. Mereka terliat seperti beneran orang-orang yang capable dalam menjalankan tugasnya. Apalagi si tokoh utama, Mark Watney yang diperankan dengan brilian oleh Matt Damon. There is no single miss dari aktingnya sebagai astronot yg ditinggalin itu. Mungkin karena dia udah pengalaman stranded di planet (Interstellar haha!) Untuk sebagian besar porsi, Mark sangat kocak. Selalu aja dia mengubah situasi yang tadinya horrible menjadi hilarious. The Martian actually LEBIH LUCU DARI SEBAGIAN BESAR FILM KOMEDI JAMAN SEKARANG. Very clever writing dan splendid acting, dari semua nya! Secara penampakan film ini juga indah, aku paling suka adegan di Hermes spaceship, pasti seru tinggal di dalamnya. Ke mana-mana tinggal melayang.

Jangan salah, film ini bukannya berisi adegan yang bikin orang ketawa aja. Di adegan-adegan serius -nyabut antena dari perutnya itu termasuk serius, buktinya kita enggak ketawa-, Matt sukses membuat kita merasakan exactly apa yang dirasakan oleh Mark. THE SUSPENSE IS ALSO WELL PERCEIVED, momen-momen saat segalanya membebani Mark. Kita bakal ngerasain juga horor nya terdampar sendiri, dengan begitu banyak halangan untuk bisa pulang.

"I don’t want to live in this planet anymore"

“I don’t want to live in this planet anymore”

 

Film panjang begini, kalo ada yg kebelet, maka waktu yang paling pas buat bathroom break adalah menjelang babak tiga. Kita dibawa kembali ke bumi untuk melihat persiapan penyelamatan Mark yang sudah dalam proses on the way. I say screen time buat adegan itu terlalu panjang, dan apa yg terjadi di layar saat itu juga enggak semenarik yang terjadi di Mars atau pun di spaceship teman-teman kru Mark. Dua puluh menitan adegan di bumi itu adalah satu-satunya yang bikin aku merasa keluar dari cerita, which is the only low point dari film The Martian.

 

 

Menggabungkan antara humor dan suspens dalam kombinasi yang tepat, siapa sih yang ga terhibur total saat menyaksikan film ini? Pengalaman sendirian di angkasa luar Mark Watney adalah salah satu film terkeren yang kusaksikan di tahun 2015. The Palace of Wisdom gives 8.5 out of 10 gold stars for The Martian.

 

 

 

 

 

 

That’s all we have for now.

Remember in life, there are winners
And there are losers.

 

 

 

 

 

 

 

We be the judge.

Advertisements