Tags

, , , , , , , , , , , , ,

CpcGOsNVMAEQ_lb

 

FFB 2016 yang akan diadakan pada tanggal 24 September 2016 baru saja mengumumkan deretan film Indonesia yang masuk daftar nominasinya. Dan aku — yang duduk di auditorium Museum Sri Baduga sana mendengarkan langsung nama demi nama, judul demi judul disebut – tak pelak cukup dibuat menggelinjang. Cukup liar, bisa dibilang. Tidak-terduga. Beberapa di antaranya memang nama-nama mainstream, tapi senantiasa ada kejutan di sana-sini. Misalnya, Surat dari Praha (2016) yang sama sekali tidak kebagian nominasi. Ini mengejutkan sekali loh, mengingat film itu punya cerita yang bagus, dengan karakter dan pesan yang kuat, teknisnya juga excellent. Surat dari Praha termasuk film yang dijagoin banyak pihak. Termasuk aku.

Seperti di tahun-tahun sebelumnya, penghargaan film nasional yang udah memasuki usia yang ke-29, Festival Film Bandung tidak hanya memberikan anugrah buat film layar lebar. Serial dan film televisi juga mendapatkan haknya untuk diapresiasi. Film impor juga. Namun karena mereka tidak membuat nominasi untuk film luar ( FFB akan memilih 12 terbaik, yang mana tebakanku adalah Room, kalo gak yaa Zootopia atau Deadpool lah) dan aku tidak begitu peduli sama film serial televisi lokal (at this point in my life, aku sudah hampir tidak pernah lagi duduk di depan televisi), maka yang aku prediksikan kali ini hanya kategori-kategori yang menyangkut soal film bioskop. Seperti saat menebak hasil WWE yang biasa aku lakukan, my predictions will be divided into two statements; ‘Yang Aku Inginkan Menang’ dan ‘Yang Aku Pikir Bakal Menang’. Karena ya biasanya memang yang aku suka berlawanan dengan yang disukai sama orang-orang haha..

 

 

 

1. PENATA KAMERA FILM TERPUJI FFB 2016
[8.1]_[Film] Nomine Penata Kamera Terpuji #FFB2016
Yang Aku Inginkan Menang: RUDY HABIBIE menawarkan banyak shot yang intens throughout lenses, tidak hanya di bagian opening. Sementara itu, AACH AKU JATUH CINTA indeed punya treatment pengambilan gambar yang lebih playful. Pilihanku adalah di antara kedua film ini.
Yang Aku Pikir Bakal Menang: Dari semua nominasi, 3 (TIGA) adalah film action dengan banyak adegan berantem yang diambil dengan single continuous shot. It was heavily edited but still a remarkable feature. Aku pikir Dicky R. Maland akan menggondol award untuk film ini sama mengejutkannya dengan saat judulnya nampil dalam daftar ini. Beneran deh, aku tadinya lupa kalo film ini pernah ada.

 

 

2. PENATA MUSIK FILM TERPUJI FFB 2016
[8.2]_[Film] Nomine Penata Musik Terpuji #FFB2016
Yang Aku Inginkan Menang: Sebenarnya aku menjagokan The Window (2016) yang punya scoring yang eerie, sayangnya film tersebut bahkan enggak masuk nominasi.
Aku selalu suka film yang tidak terlalu merintahin kita untuk  merasakan apa dengan memainkan musik-musik secara berlebihan saat tensi emosi cerita mulai naik atau turun. Namun begitu aku bahkan lebih suka film yang outofnowhere memasukkan musik-musik sebagai penunjang storytelling, I always falling for musical sequence in movies. AACH AKU JATUH CINTA punya ini semua, makanya aku menjagokannya untuk kategori ini.
Yang Aku Pikir Bakal Menang: Nama besar dan gubahan Melly Goeslaw & Anto Hoed yang gampang untuk disukai banyak orang akan membuat piala jatuh ke ADA APA DENGAN CINTA 2.

 

 

3. PENATA EDITING FILM TERPUJI FFB 2016
[8.3]_[Film] Nomine Penata Editing Terpuji #FFB2016
Editing adalah proses menyatukan berbagai shot, adegan, practically everything sehingga membuat film punya tone yang halus. Membuat pengalaman menonton menjadi sesuatu yang mulus. Kalo mau tau seperti apa editing yang jelek, tontonlah Suicide Squad (2016). Film itu terasa kayak ditambal-tambal, due to banyaknya reshot yang mereka lakukan belakangan dan dimasukkan dengan enggak rapi. Untuk kategori yang ini, aku pikir yang aku ingin untuk menang akan kompakan dengan yang bakal menang. ADA APA DENGAN CINTA 2 terbukti sukses bikin kita terhanyut dengan visual dan cerita yang sama lancarnya.

 

 

4. PENATA ARTISTIK FILM TERPUJI FFB 2016
[8.4]_[Film] Nomine Penata Artistik Terpuji #FFB2016
Yang Aku Inginkan Menang: Film adalah budaya. Film juga adalah tontonan audio-visual. Kalo ada yang jago menggabungkan keduanya, maka itu adalah Allan Sebastian di AACH AKU JATUH CINTA. Bukan hanya playful dengan treatment adegannya, film ini juga dengan tepat menampilkan estetika budaya. Menonton Aach Aku Jatuh Cinta kita akan lantas tahu bahwa kita sedang menyaksikan sesuatu yang artistik.
Yang Aku Pikir Bakal Menang: Nuansa komikal dan kostum yang easily appealing membuat MY STUPID BOSS dan Ade Gimbal menjadi kontender kuat dalam kategori ini.

 

 

5. PENULIS SKENARIO FILM TERPUJI FFB 2016
[8.5]_[Film] Nomine Penulis Skenario Terpuji #FFB2016
Yang Aku Inginkan Menang: Nulis skenario itu ada teorinya. Screenplay yang bagus punya aturan-aturan sekuens yang determined naik turunnya cerita. Dari semua film yang masuk kategori ini, Jujur Prananto’s AISYAH BIARKAN KAMI BERSAUDARA yang punya struktur dan cerita yang paling jelas as we experiencing the inner and outside journey dari tokohnya. Tapinya lagi, aku enggak nonton Ngenest.
Yang Aku Pikir Bakal Menang: Yang paling disukai orang, tho, adalah film yang punya twist. Jadi jika FFB mengambil rute ini, piala akan neplok kepada 3 (TIGA) ataupun BADOET, enggak peduli betapa sedikitnya senses of logic yang dibuat oleh cerita mereka.

 

 

 

6. PEMERAN PEMBANTU WANITA TERPUJI FFB 2016
[10.1]_[Film] Nomine Pemeran Pembantu Wanita Terpuji #FFB2016
Yang Aku Inginkan Menang: Aku tertarik sama tokoh Karmen. Dia punya interesting pov dalam Ada Apa Dengan Cinta 2. Aku malah berpikir apa mungkin sebaiknya tokoh ini saja yang jadi tokoh utama. Tentu saja, aku ingin ADINIA WIRASTI menang.
Yang Aku Pikir Bakal Menang: Tokoh yang diperankan oleh INDAH PERMATASARI dalam Rudy Habibie adalah tokoh pembantu yang paling diflesh-out di antara nominasi kategori ini. Dia lebih emosional, she gone through face-heel characterization changes, dengan diperankan dengan dramatis pula. Dia sudah menangkap perhatian kita.

 

 

7. PEMERAN PEMBANTU PRIA TERPUJI 2016
[10.2]_[Film] Nomine Pemeran Pembantu Pria Terpuji #FFB2016
Yang Aku Inginkan Menang: Wow 80% nominasi kategori ini adalah peran comical! Well, that’s okay if it comes down menjadi siapa yang paling lucu meranin. Aku suka sekali penampilan DWI SASONO sebagai bos gangster di film..ehm, Gangster. Saingan beratnya mungkin adalah ‘tetangga’ sendiri, DEVA MAHENRA yang killing it dalam Sabtu Bersama Bapak.
Yang Aku Pikir Bakal Menang: Twist is still a thing buat penonton kita. Dan tidak ada yang lebih bikin heboh daripada tokoh jahat yang sama sekali tidak terduga. Walaupun tokoh yang ia perankan gak punya build-ups whatsoever, TANTA GINTING main dengan sangat masuk, he captures audience’s attention so much he could go home with this award in his pocket.

 

 

8. SUTRADARA FILM TERPUJI FFB 2016
[10.3]_[Film] Nomine Sutradara Terpuji #FFB2016
Yang Aku Inginkan Menang: Film Jingga sungguh di luar perkiraanku. Aku suka dengan apa yang mereka lakukan terhadap para karakter. Aku suka gimana mereka bermanuver sehingga cerita enggak berlama-lama terdengar cengeng. Ada banyak respek yang terasa. Terutama aku sempet ngira para pemainnya beneran tuna netra. Dan ini semua apalagi kalo bukan karena arahan yang tak-biasa dari LOLA AMARIA.
Yang Aku Pikir Bakal Menang: HANUNG BARAMANTYO. Rudy Habibie was imprinted by his style and his everything. Arahan yang mantap, strong, dan kadang ‘nyerempet’ , plus akting Reza adalah sebab Rudy Habibie jadi salah satu raksasa box office Indonesia tahun ini.

 

 

 

9. PEMERAN UTAMA PRIA TERPUJI FFB 2016
[10.4]_[Film] Nomine Pemeran Utama Pria Terpuji #FFB2016
Yang Aku Inginkan Menang: Tyo Pakusadewo dalam Surat dari Praha. Oke, filmnya enggak masuk. Tapi itulah yang aku inginkan. Aku enggak punya preferred lain regarding daftar nominasi ini.
Maka kita lanjut aja ke Yang Aku Pikir Bakal Menang: REZA RAHADIAN. Entah itu karena Bossman atau Rudy. Reza still strong dan believeable dan compelling meranin setiap perannya.

 

 

10. PEMERAN UTAMA WANITA TERPUJI FFB 2016

Yang Aku Inginkan Menang: Aku masih kagum dan still think that it is so cool bahwa film Aisyah tidak akan dibuat jika Laudya Chintya Bella menolak memainkan perannya, and she did it amazingly. CHELSEA ISLAN, di lain pihak, dengan kuat membuktikan dia sanggup memainkan wide range of character dengan luar biasa. Aku ingin melihat pemenang Unyu op the Year 2015 kami ini dapatin piala lagi.
Yang Aku Pikir Bakal Menang: Terlepas dari soal film Nay nyontek, SHA INE FEBRIYANTI toh memang menunjukkan kualitas akting yang tidak ada lawan. Dan itu bukan sekedar metafor, karena dalam film ini dia memang berakting sendirian gak pake lawan, carrying whole movie dengan monolog yang intens dan heartfelt sekali.

 

 

11. FILM TERPUJI FFB 2016
[10.6]_[Film] Nomine Film Terpuji #FFB2016
Berikut urutan film-film yang masuk kategori ini menurut reviewku
Aisyah Biarkan Kami Bersaudara 7.5/10 https://mydirtsheet.com/2016/05/19/aisyah-biarkan-kami-bersaudara-review/
Rudy Habibie 7/10 https://mydirtsheet.com/2016/07/21/rudy-habibie-review/
Jingga 6.5/10 https://mydirtsheet.com/2016/02/25/jingga-review/
3 (Tiga) 6.5/10 https://mydirtsheet.com/2015/10/02/3-review/
My Stupid Boss 5/10 https://mydirtsheet.com/2016/06/02/my-stupid-boss-review/
Dari ratingnya keliatan deh ya, yang mana film Yang Aku Inginkan Menang. Aisyah is just superwarm movie yang paling dekat-sama-kita di antara lima, yang ingin aku tonton bareng keluarga. Terus nonton lagi bareng keluarga si dia. Terus nonton lagi bareng keluarga kami berdua hahaha..
Meski begitu, it lacks some sparks sehingga mudah dioverlook. Yang Aku Pikir Bakal Menang justru adalah film yang jarang-jarang ada jenis seperti itu di bioskop. Rudy Habibie dapat delapan nominasi, tapi embel-embel sekuel membuat kepentingannya sedikit berkurang. Sedang My Stupid Boss is hinder by the fact that the movie was an adaptation of book. JINGGA dan 3 (TIGA) adalah original serta one-of a-kind. Dan jelas mereka patut dipuji dalam dunia perfilman kita.

 

 
That’s all we have for now.
Dalam kata sambutan oleh ketua Forum Film Bandung acara pembacaan nominasi disebutkan para pengamat yang sudah memilih film-film — yang sudah jadi pengawas selama 11 bulan, dari Agustus 2015 hingga Juli 2016 – kali ini adalah banyak yang muda-muda. Dan memang itu tercermin dari nominasi yang meledak-ledak, exceed many expectations. Akan sangat menarik melihat siapa-siapa yang bakal menang dalam Festival Film Bandung tahun ini.

Send us your comments, tell us what you think, your predictions and stuff.

Kunjungi official web FFB untuk melihat kategori lengkap nominasi untuk serial dan film televisi http://www.festivalfilmbandung.com/2016/08/daftar-lengkap-nominasi-penghargaan.html#

 

 

Remember, in life there are winners
and there are losers.

 

 

 

 

We? We be the judge.

Advertisements