BLADE RUNNER 2049 Review

“Our memories are not always our own”

 

 

Di masa depan, waktu di mana mobil bisa melayang, kota-kota menjulang, hologram dan teknologi sudah pesat berkembang, tetapi lingkungannya sangat suram. Tidak adakah manusia yang menjaganya? Masa depan adalah waktu di mana manusia telah tersesat, sementara robot-robot android yang mereka bangun mengetahui persis apa yang jadi keinginan hidupnya; ingin menjadi manusia. Ironi itulah yang menjadi tema utama di balik beragam dimensi cerita Blade Runner 2049.

Satu lagi cerita pinokio, pencarian jawaban terhadap eksistensi, hanya saja digarap dengan nuansa filosofis kental menghiasi penceritaan yang sangat kuat. Memancing emosi dan pikiran. Meskipun eksterior film suram dan dingin banget, kota-kota gelap, San Diego udah beneran kayak kota sampah di salah satu adegan, ada hati yang hangat berdenyut di dalam cerita. Statusnya sebagai film sekuel tidak menjadi beban, sebab sukur Alhamdulillah, Denis Villeneuve mengerti apa yang harus dia lakukan ketika menangani sekuel dari karya flawed-masterpiece seperti Blade Runner (1982). Kenapa aku bilang flawed, well Blade Runner original udah bikin pembuatnya bingung. Ridley Scott mengeluarkan tiga versi film, masing-masing dengan editing cerita yang berbeda, sebab tampaknya Scott masih belum puas. Film tersebut punya pengaruh besar bagi sci-fi scene, tema filosofisnya mengundang banget untuk kita menontonnya lagi dan lagi. Dengan begitu, alih-alih ngotot ngereboot atau menjadikan sekuel ini set up dari franchise baru, Villeneuve merekonstruksi cerita tiga babak yang sangat kuat. Plotnya punya awal-tengah-akhir, Blade Runner 2049 adalah film yang benar-benar punya cerita, yang kokoh berdiri sendiri, it’s a very contained, dan aku harus bilang ini adalah salah satu film terbaik yang bisa kita saksikan di tahun 2017.

Tanpa kenangan, kita bakal nyasar. Akan tetapi,Blade Runner 2049 mengungkapkan bahwa beberapa kenangan yang paling berharga bagi kita bisa jadi bukan milik kita.

 

Ketika para robot android tidur, mereka bermimpi menjadi manusia. Mereka ingin merasakan ‘keajaiban’ hidup yang hanya bisa dirasakan oleh manusia. Agen KD6-3.7 tahu persis dirinya adalah Replicant – sebutan untuk android yang dibuat demi membantu pekerjaan manusia. K bekerja sebagai Blade Runner, polisi yang melacak Replicant-Replicant liar untuk kemudian ‘memensiunkan’ mereka. Mungkin karena itu, dia juga membayangkan dirinya sebagai sosok yang lebih mulia daripada replicant-replicant yang lain; bahwa dialah yang paling mendekati apa yang disebut dengan manusia. Ryan Gosling – keliatan sedikit berotot dibanding penampilannya di La La Land (2016) – bermain dengan teramat baik di sini. Selagi dia bepergian ke tempat-tempat, mencari petunjuk dalam investigasinya mengenai sebuah misteri kasus masa lalu, Gosling’s K harus berurusan dengan berbagai macam emosi, terutama ketika setiap misteri yang ia buka membuatnya belajar hal baru yang menimbulkan gejolak pada dirinya. Susah baginya untuk bagaimana menanggapi hal yang ia sibak, penampilan Gosling di sini sangat menarik untuk kita simak. K harus mencari Deckard (tokoh utama Blade Runner original), sebab Deckard-lah yang bisa membantunya. Harrison Ford bermain sangat menakjubkan, di usianya dia masih mampu melakukan banyak aksi fisik. Di sini dia sangat terguncang oleh kejadian masa lampau, dan kita akan belajar kenapa dia melakukan apa yang ia lakukan, kalian akan bisa memahami tokoh ini walaupun belum nonton film yang pertama. Blade Runner 2049 bekerja dengan sangat baik menjelaskan tanpa pernah menjadi terlalu eksposisi dan tidak sekalipun emosi terlupa untuk digaungkan.

kirain ingatan masa kecilnya adalah waktu jadi Mousekeeter di Mickey Mouse Club hhihi

 

Untuk kali ini, aku gak akan beberin banyak plot poinnya, kalian harus saksikan sendiri sebab film ini worth banget untuk ditonton. Serius, cari deh yang layarnya paling gede dan suara paling kenceng sekalian. Bagi para penggemar berat Blade Runner yang menanti jawaban – mungkin lengkap dengan catatan teori sendiri – salah satu pertanyaan sinematik terpenting sepanjang masa “Apakah Deckard manusia, ataukah dia Replicant?”, maka rasa penasaran dan teori kalian mungkin akan bertambah. Film ini menawarkan jawaban tanpa pernah benar-benar tegas akan hal tersebut. Banyak kejutan yang bakal bikin kalian menggelinjang, aku sempat di”sssst!”in sama penonton di sebelah lantaran kelepasan ngomong “Ohmygod What!!?” kenceng banget di salah satu adegan Jared Letto mereveal sesuatu di bagian akhir.

Kalo itu belum mampu untuk mendorong kalian bangkit dari depan laptop dan segera ke bioskop, mari aku beri sedikit ilustrasi pribadi; Aku gemar nonton film bisa dikatakan rada telat, karena aku tumbuh di kota yang gak ada bioskop. Dan lagi kata mentorku, aku lahir di tahun yang salah. Aku tidak pernah menyaksikan klasik seperti Psycho, The Shining, bahkan Jurassic Park di bioskop. Tapi kemudian aku menyaksikan film-film kayak Enemy (2014), Sicario (2015), Arrival (2016), dan Blade Runner baru ini, yang membuatku berpikir “Maaan, seperti inilah rasanya menonton filmmaking kelas Master di bioskop” Jadi poinku; sukurilah Denis Villenueve selagi kita masih bisa nyaksiin karyanya yang udah kayak Hitchcock atau Spielberg modern secara langsung. Di bioskop!

Ingatan tentang kejadian baik lebih tidak bisa dipercaya dibandingkan dengan ingatan buruk. Kita bisa sampai pada kesimpulan ini demi melihat gimana proses ingatan masa kecil dipasangkan kepada para replicant. Dan episode Total Rickall serial Rick and Morty akan menguatkan teori ini. Ingatan kita tidak bisa dipercaya sebab kita mengingat dengan perasaan. Kita cenderung suka tampered with good things, yang kita ingat sebenarnya bukan kejadiannya, melainkan apa yang kita rasakan saat itu. Dan ketika merelive lagi, perasaan tersebut akan dibesar-besarkan. Kenangan yang terlalu detil, seperti kenangan anak ulangtahun yang dilihat K sedang dalam proses pembuatan adalah kenangan sintetis, sedangkan memorinya tentang dibully, meskipun tampak aneh dan kurang detil, justru adalah yang otentik dan benar terjadi.

 

 

Aku mengerti kenapa banyak yang was-was ngeliat durasinya yang memang panjang banget, nyaris tiga jam. Film memang banyak menghabiskan waktu dalam bercerita, ada banyak yang disampaikan sehingga bikin bingung. Beberapa orang di studio juga kedengaran bilang bosan pas keluar, bahkan di tengah film ada suara orang menguap. Nah, kalo urusan bosan ini aku kurang mengerti gimana bisa seseorang merasa bosan padahal sepanjang film matanya terus disuapi pemandangan-PEMANDANGAN BERGIZI? Visual film ini marvelous banget, kandidat kuat sekali untuk sinematografi terbaik Piala Oscar. Aku sampai lupa ngunyah permen karet saking takjubnya ngeliat layar. Tampak begitu hidup seolah kita bisa menjangkau ke dalam layar, dan masuk ke dunia tahun 2049 tersebut. Agenda filosofis film ini juga semakin lancar tersampaikan berkat iringan musik yang eerienya menyentuh banget. Blade Runner 2049 akan ngingetin kita semua kenapa kita suka nonton film. Craftmanship dan treatment adegannya luar biasa. Aku jadi teringat masa ketika aku nonton Mulholland Drive dan seketika tergerak pengen nulis cerita dan ngerekam, punya mimpi bikin film sendiri.

atau malah bikin hopeless kita gak akan pernah bisa bikin karya semasterpiece ini

 

Film ini sendirinya adalah sebuah mesin yang indah sekali untuk ditonton. Untuk diselami. Untuk dinikmati. Penokohan karakternya paralel. Aku senang Batista dapat peran yang cukup signifikan sehingga dia bisa bermain di luar karakter Drak, and he plays it good. Romansa antara K dengan hologram yang ia pasang di rumahnya sangat membantu pengembangan karakter, kita bisa simak K belajar banyak dari Joi soal keinginan untuk menjadi manusia. In fact, setiap karakter yang dijumpai K adalah pembelajaran. Dari elemen ini, aku melihat satu (dan hanya satu) kekurangan pada film. Mungkin menyadari ceritanya yang panjang dengan banyak informasi yang harus disusun oleh penonton, film memberikan sedikit kemudahan berupa pengulangan dialog via voice-over yang bergaung di dalam kepala K. Ada banyak adegan ketika tokoh kita diam, suara karakter dari adegan sebelumnya diperdengarkan kembali, kemudian K pasang tampang dia berhasil menyimpulkan sesuatu. Menurutku, di sini film agak meremehkan penonton. Karena bagi penonton yang benar-benar memperhatikan, dialog-dialog untuk mengingatkan itu sama sekali tidak perlu. Kita sebagai penonton mestinya bisa memilah mana informasi penting, mengingat, dan menyambungkannya sendiri.

 

 

 

Ini adalah jenis tontonan yang begitu menakjubkan, visual mewahnya secara konstan menyuapi mata, sehingga mampu menginspirasi banyak orang. Meskipun bercerita tentang makhluk buatan, tidak ada yang terasa seperti replika. Emosinya genuine. Perasaan yang disampaikan tokoh-tokohnya begitu manusiawi. Lewat plot yang kuat, pembangunan dunia yang masuk akal, dan rentetan pertanyaan filosofis yang mengalir mulus sebagai dimensi cerita, film ini sukses berat menjadi bukan saja salah satu sekuel terbaik – dia bisa berdiri sendiri, enggak tergantung kepada film lain – namun juga film terbaik yang pernah ada.
The Palace of Wisdom gives 8.5 out of 10 gold stars for BLADE RUNNER 2049

 

 

 

That’s all we have for now.
Buat yang mau nonton Blade Runner (1982) bareng sambil diskusi, dateng aja ke markas My Dirt Sheet di kafe es krim Warung Darurat, Jalan Teuku Umar 6A, Dipati Ukur, Bandung. Kami muterin film by request!

Remember, in life there are winners.
And there are losers.

 

 

 

 

We? We be the judge.

Comments

  1. arya says:

    haha sering juga kok di atas 5, tapi 8.5 tahun ini memang jarang.
    Makasih udah mampir baca, tonton deh pecinta film bakal takjub banget liat film ini. Tapi kalo bisa jangan nonton yang show paling malem, temenku kemaren nonton show terakhir dan katanya setengah isi studio ketiduran hahaha

  2. Yanuar Pradhipta says:

    Film ini layak buat di tonton, klo banyak yg bilang ini membosan kan. Karena mereka cenderung menonton film yg plot cerita nya mudah alias gak mikir..
    Jarang ada film bernuansa dystopia noir jauh lebih kelam dr sebelum nya..
    Saya rasa Denis Villeneuve berhasil menterjemah kan masterpiece Blade Runner dengan baik walaupun cerita dr Blade runner sangat luas.. Film ini layak dapat 9.5 karena jalan cerita nya yg kuat serta visual nya yg apik..

    • arya says:

      aku juga heran kenapa banyak yang bilang film ini bosan, malah banyak temanku yang tertidur nontonnya. Padahal glorious banget. Aku saranin ke mereka yang bilang ceritanya terlalu berat untuk coba nonton film ini dengan suara dimute, nikmatin visual sinematisnya yang masterpiece itu aja dulu

      • dweeki says:

        film nggak selalu sinematrografinya. gua akuin ini bagus sinematrografinya tapi endinggnya sama alurnya nggak banget kacang banget sebagai penikmat film. bosen nggak ada effek wownya. beda jauh sama karya chritoper nolan, Quentin Tarantinox, Martin Scorsese. beda banget nyesel dah nontonya. nggak benget dah nontonya. mending nonton film ending twist sekalian. Bukan tipe film gua dah wkwkwkwk. kalau sinematisnya bagus mending nonton film yang lain dengan alur dan jalan ceritnya mantab jiwa. nggak kaya film ini wkwkwkwkwk. nyesel dah nontonya 2,5 jam lebih terbuang percuma wkwkwkw

        • arya says:

          bener, film enggak hanya sinematografinya. Aku menyarankan liat sinematografinya aja buat penonton yang gak ngerti/nganggap skripnya terlalu berat. Blade Runner 2049 kuat banget di sinematografi dan naskahnya. Dan penyutradaraannya. Maann, dengan science fiction di tangannya, Villeneuve paralel dengan suradara yang mas Dweeki sebutin di bidang mereka masing-masing.

  3. dweeki says:

    seriusan endingnya nggak banget. mending nonton film twist dari pada film beginian nggak banget membosannkan filmnya endingnya nanggung bet. walaupun sinematrografinya bagus tapi nyesel aja nontonya.

    • arya says:

      Twist film ini memang gak se-wah yang banyak penonton harapkan, tapi twist tersebut benar-benar jalan satu-satunya yang bekerja efektif untuk plot tokoh si Gosling – dan lagipula bukankah twist memang seharusnya tidak diharapkan – sesuatu yang tidak disangka-sangka?

      • dweeki says:

        emg bukan tipe ane sih gan. tapi lumayan juga mengisi kegabutan hakiki sebagai penikmat film. unik filmnya apalagi kalau ada sekuel tiga yang alur dan action plust faktor wownya di tingkatnya di dukung dengan sinematografi yang kaya gini. pasti jadi film yang keren dah…..

        mantab gan thanks juga bikin reviewnya nggak banyak yang suka film bikin review menarik

        • arya says:

          filmnya bagus, tapi memang mengambil rute yang susah untuk disukai banyak orang – memilih gak banyak action itu memang beresiko banget. salut juga sih buat filmmaker yang masih ‘berani’ kayak gini haha.. terima kasih yaaa

  4. jebing says:

    film bagus ini. cerita nya kuat untuk ukuran film science fiction dan pesan yang disampaikan film ini dapet banget. mungkin karena itu, durasinya jadi lama ya… cuma saya rada bingung mas, kenapa di akhir film peran wallace seperti diabaikan setelah luv nya ‘ngga ada'(biar ngga spoiler) dan lngsung diakhiri dengan twist? apa itu ngga terlalu cepat atau bakalan ada lanjutannya ya hehehe

    • arya says:

      naskahnya bagus banget itu, kalo di Indonesia udah dijadiin novel kali nih film ahahaha..

      sengaja dikesampingkan kayaknya si Wallace, buat nekanin efek twist dan poin cerita. Mungkin juga bakal ada sekuel, wallace corporation nasibnya ditentukan atau apa, tapi personally aku berharap cerita ya berakhir di film ini aja.

  5. CrackReview says:

    Yups, nggak akan ada film-film yang seperti ini lagi untuk tahun-tahun kedepannya. The most beautiful sci-fi movie I’ve ever seen in 2017. Walaupun nggak se-twist yang diharapkan banyak orang, film ini rada sangat berkesan. Ane juga setuju dgn agan karena lahir ditahun yg salah, tidak bisa menikmati film-film klasik yg berkelas seperti Psycho, The Shining, Jurassic Park, dan film-film klasik lainnya. Ttpi, ternyata masih ada jg film-film seperti Arrival, Dunkirk, Sicario, dan film-film masterpiece lainnya.

    • arya says:

      tapi sayangnya film-film kayak gini gak banyak yang nonton langsung di bioskop, padahal cinematic experiencenya luar biasa. Film memang soal selera, kita gak bisa nyuruh orang nonton, dsb tapi paling enggak prioritaskan mana yang di bioskop mana yang ilegal, ya gak ahahaha

      • hadi says:

        Asli, ini kudu ada sekuelnya. Saya penasaran dengan revolusi yang akan dilakukan para Replicant. Owh, saya juga merasa film ini kelewat panjang, dan ritme filmnya yang cenderung membosankan. Perbandingan mungkin kayak Oblivion kali ya, sinematografi wah tapi ritme penceritaan sama membosankannya. Tapi Oblivion jelas kalah dari segi materi cerita(dan of course, unsur filosofisnya).

        actionnya dikit amat padAsli, ini kudu ada sekuelnya. Saya penasaran dengan revolusi yang akan dilakukan para Replicant. Owh, saya juga merasa film ini kelewat panjang, dan ritme filmnya yang cenderung membosankan. Perbandingan mungkin kayak Oblivion kali ya, sinematografi wah tapi ritme penceritaan sama membosankannya. Tapi Oblivion jelas kalah dari segi materi cerita(dan of course, unsur filosofisnya).

        actionnya dikit amat padahal saya suka banget sama karakter luv(scene stealer abis ni perempuan) waktu dia battle sama si K.

        Kalo sinematigrafi gk usah lagi nominasi2an, pasti menang dah. Cuman sayang ada beberapa adegan nudity jadi gk bisa ngajak nonton sama temen saya yang movie holic juga ( soalnya masih dibawah umur), dan mungkin itu sebabnya juga beberapa Bioskop tidak menayangkan film ini.

        Nice review, By the wayahal saya suka banget sama karakter luv(scene stealer abis ni perempuan) waktu dia battle sama si K.

        Kalo sinematigrafi gk usah lagi nominasi2an, pasti menang dah. Cuman sayang ada beberapa adegan nudity jadi gk bisa ngajak nonton sama temen saya yang movie holic juga ( soalnya masih dibawah umur), dan mungkin itu sebabnya juga beberapa Bioskop tidak menayangkan film ini.

        Nice review, By the way

        • arya says:

          Thankyou

          bener, film ini jadi limited banget audiensnya. Shape of Water juga sama kayak ini, bagus – cinematografi elok, tapi gak semua umur bisa nonton.

          Mungkin mereka nunggu 20 tahun lagi kali ya buat sekuelnya ahahaha

Leave a Reply