AKHIR KISAH CINTA SI DOEL Review

“May your choices reflect your hopes, not your fears”
 

 
Zaenab yang diketahui hamil diberi nasehat oleh dokter enggak boleh stress dan enggak boleh banyak pikiran. And Zaenab be like; yea right aku akan santai-santai saja di film yang judulnya bukan lagi ‘The Movie + angka’ atau ‘Anak Sekolahan’ tapi melainkan ‘Akhir Kisah Cinta’! 
Aku sama sekali gak menyangka akan tiba masanya aku menyebut trilogi Star Wars kalah memuaskan dibandingkan trilogi Si Doel. Saat film pertamanya tayang, Doel memang tampak seperti usaha lain menguangkan nostalgia. Ceritanya berakhir, tapi masih menyisakan ruang untuk sekuel. Dan kemudian film keduanya tahun lalu tayang seolah menguatkan dugaan film ini hanya jualan semata, lantaran cerita yang gak kemana-mana. Yang muter di tempat, dengan si Doel yang tetap diam tidak membuat keputusan. If anything, film kedua tersebut seperti ingin memerah tangis lewat sudut pandang Zaenab yang diberi porsi lebih. Di film ketiganya ini, sungguh sebuah kejutan karena sekarang keputusan dari pilihan yang sulit itu benar-benar diambil. Dan Zaenab, yang kita kenal bahkan lebih pasif dan pasrah daripada si Doel, memegang kunci untuk menutup semua ini dengan memuaskan.

ini bisa jadi adalah kehamilan tersedih di sinema.. bahkan hamil kecelakaan saja enggak sedepresi ini

 
Penonton yang menuntut cerita benar-benar sebuah akhir akan seketika oleh Zaenab yang menuntut si Doel cepat membuat keputusan. Film ini dimulai dengan tekanan waktu yang jelas; Zaenab hamil enggak boleh stress, namun dia punya tiga masalah besar yang menggerogoti pikirannya. Kenapa Doel tidak memberitahu dirinya Sarah sudah meminta cerai. Kenapa Doel tidak segera mengurus perceraian. Dan yang paling memberatkan pikiran Zaenab adalah rasa bersalah kepada Sarah karena Zaenab merasa salah dirinya lah Doel tidak mengejar Sarah sehingga wanita itu harus membesarkan anak seorang diri selama empat-belas tahun, dan sekarang Sarah memilih mundur demi dirinya dan Doel. Ada api rage dalam diri Zaenab sekarang yang membuat film jadi menarik. Ia praktisnya tokoh utama di awal-awal film, membuat keputusan-keputusan mendesak. Ia memberanikan diri untuk mengkonfrontasi Doel, bicara kepada Mak Nyak, menatap mata Dul anak Sarah, dan mencari Sarah untuk mengutarakan pilihannya sebelum Sarah kembali ke Belanda.
Memutuskan sebuah pilihan itu bisa sangat berat. Itu pelajaran pertama yang bisa kita ambil dari kisah cinta si Doel. Setelah selama ini dia masih enggak bisa memutuskan pilihan. Karena ia gak mau menyakiti hati. Namun dari trilogi ini kita melihat sikap Doel ternyata melukai lebih banyak orang, termasuk dirinya sendiri. Dalam film ini, beratnya mengambil keputusan akan sangat terasa. Kita bisa melihat pilihan yang benar-benar sulit, dari segala sisi. Bukan hanya dari si Doel sendiri, tetapi juga dari eksistensi film ini. Mau gak mau, kisah si Doel harus berakhir. Penonton gak bisa terus menerus digoda, meskipun kita tahu betapa berat bagi sebuah IP untuk mengakhiri jualan andalannya. Ditambah lagi si Doel – kita bicara induk langsung film ini yakni sinetronnya – sudah bergulir selama dua puluh tujuh tahun. Untuk mengakhiri sesuatu yang sudah berjalan semua itu, pastilah dihadapkan pada pilihan yang berat. Bagaimana mengakhiri dengan memuaskan. Bagaimana menghormati penonton. Bagaimana membuat cerita yang berakhir adil bagi semua tokoh-tokoh yang menghidupi semestanya. Untuk membuat sesuatu yang sefinal ini akan ada pilihan yang berat, ada yang gak bisa semuanya terpuaskan. Personally, aku pikir sikap kita juga turut andil dalam mengakhiri film ini dengan memuaskan. PH atau Studio mendengarkan suara kita lewat angka penonton, dan merosotnya jumlah penonton pada film kedua dibandingkan yang pertama bukan tidak mungkin jadi salah satu penentu bagi film ini untuk segera berakhir dan dibuat dengan menempuh resiko seperti yang kita dapatkan sekarang.
Film memperlakukan karakter-karakternya dengan lebih memuaskan kali. Lebih banyak interaksi antara Doel dengan Dul. Momen manis melihat Doel mengajak putranya – anak yang tak ia tahu keberadaannya hingga dua film yang lalu – berkeliling Jakarta narik oplet. Doel menjelaskan cara kerja dan ‘sejarah’ oplet, ini adalah adegan yang aku tunggu sedari film pertama. Meski sebagian besar memang kelihatan seperti eksposisi atau device nostalgia saja, tapi paling enggak sekarang film ini tahu bahwa adegan seperti demikian yang dibutuhkan oleh film ini. Dul juga berinteraksi lebih banyak dengan anak Atun, Atun, Zaenab, dan Mandra. Peralihan dari sinetron ke bioskop enggak begitu berarti bagi sutradara dan penulis Rano Karno, karena semua tokoh dan interaksi mereka punya rasa yang sama. Tokoh-tokoh lama tampak nyaman menjadi diri mereka, sekaligus berkembang sesuai zaman, tokoh-tokoh baru juga gak canggung mengisi di antara mereka.
Perlakuan film terhadap Mandra adalah hal favoritku di film ini. Mandra punya subplot sendiri soal ia berusaha menjadi tukang ojek. Walaupun persoalan kerja ini enggak benar-benar tuntas, dan dipanjang-panjangin dari film kedua, namun Mandra punya akhir cerita tersendiri yang bikin kita merasa senang demi dirinya. Ini adalah momen surprise gede yang dipunya oleh film, jadi aku gak akan bocorin di sini. It was a nice surprise I would never guess it. Namun yang perlu dijadikan catatan dan dibahas dalam ulasan ini adalah cerita Mandra sebenarnya lawan dari cerita Doel; yang terjadi kepada Mandra adalah pelajaran besar bagi si Doel. Mandra adalah happy ending sejati karena berbeda dengan Doel yang plin-plan, gak bisa mutusin apa yang ia suka, Mandra setia kepada cintanya. Sehingga meskipun kita menertawakan hidupnya – jika ditarik dari sinetron, Mandra ini cocok sekali jadi poster boy slogan ‘hidupku adalah tragedi komedi’ – paling enggak, Mandra tidak harus menderita, ia tidak pernah berada pada posisi seperti si Doel. Mandra adalah karakter yang meletakkan keputusannya pada harapan. Ini yang jadi poin atau gagasan pada film.
Hanya Mandra yang bisa ketuker bahasa Belanda dengan bahasa India

 
Dibandingkan dengan Mandra, memang film tampak seperti menghukum si Doel. Zaenab membuat pilihan, Sarah kekeuh pada keputusannya sedari awal. Doel menjelang akhir film seolah akan ditinggalkan sendirian. Dan aku, serta kuyakin setengah dari penonton lain, enggak akan masalah jika film berakhir seperti demikian. Because Doel deserves it. Wakunya sudah habis, wanita- wanita itu terlalu berharga untuk ia gantung. Dia terlalu penakut – pasif – untuk membuat keputusan. I mean, mungkin gak bakal ada trilogi bioskop Doel jika dia sedari sinetron sudah memilih dengan mantap hati. Namun film enggak tega. Sesaat aku hampir tatkala cerita seperti tereset lagi pada babak ketiga. Film ternyata memberikan Doel kesempatan untuk belajar dari semua yang udah dilewati – semua yang sudah setia kita ikuti. Bola sekali lagi berada di lapangannya; pertanyaan pamungkas itu muncul lagi; Siapa yang bakal Doel pilih?
Yang membuat film ini memuaskan bukan exactly jawaban ‘siapa’ tadi. Melainkan betapa keputusan yang dibuat oleh si Doel (akhirnya!) terasa masuk akal dan feel earned. Ini literally kesempatan kedua baginya untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama. Untuk mengejar dan menjemput yang pergi, bukannya mendiamkan. Untuk hadir dan membesarkan anak, bukannya baru ketemu lagi saat si anak dewasa. Juga masuk akal kenapa baru sekarang Doel membuat keputusan; karena baru sekarang ia berani. Mengambil resiko, menaruh harapan. Doel tak pernah orang yang bego, dia tukang insinyur; maka ia pastilah ia cukup pintar untuk tidak terburu-buru mengambil keputusan. Gambaran besar film ini membentuk sebuah lingkaran yang masuk akal. Film pertama adalah tentang Doel dan Zaenab dan Sarah memilih hal yang mereka takuti demi kebaikan bersama; Doel memilih ke Belanda meskipun ia tahu ada Sarah dan keadaan akan runyam. Film kedua adalah jembatan bagi Doel untuk mengenali apa yang ia inginkan. Dan film ketiga barulah ia melihat harapan untuk semuanya lebih baik, maka barulah ia memilih.

Perbuatan Doel sebenarnya bijaksana, karena seperti kata Nelson Mandela; kekuatan yang mendorong kita melakukan sesuau, berkata, berpikir, seharusnya berlandaskan pada harapan dan optimisme daripada berdasarkan ketakutan atau paksaan.

 
 
Doel gives very nice send-off, bukan hanya kepada Sarah dan Zaenab, melainkan juga kepada kita yang udah ngikutin dari tv ke bioskop, bahkan ada yang selama dua-puluh tujuh tahun. Menurutku tidak ada cara lain yang lebih baik untuk mengakhiri ini semua. Film ini haru, menyayat, lalu menyuarakan harapan, dan memuaskan penonton sehormat mungkin yang ia bisa. Aku akan memberikan nilai lebih tinggi jika bukan karena film ini masih memperlakukan dirinya sendiri lebih sebagai sinetron ketimbang sebagai film. Ia tidak akan bisa berdiri sendiri, because it was never intended to be.
The Palace of Wisdom gives 6.5 gold stars out of 10 for AKHIR KISAH CINTA SI DOEL.

 
 
 
That’s all we have for now.
Bagaimana pendapat kalian tentang pilihan Doel? Apakah kalian pernah mengikuti sinetronnya? Jika boleh berandai, adegan apa yang ingin kalian lihat di film?
Kalo aku, aku pengen sekali melihat si Doel ngobrol dinasehatin ama babeh-nya, you know, mungkin dalam mimpi atau apa, kayak Harry dan Dumbledore di King’s Cross. I mean, teknologi sepertinya sudah memadai, dana juga sepertinya mungkin bagi Falcon.. kalo Star Wars bisa, kenapa enggak bisa juga?
 
Share  with us in the comments 
Remember, in life there are winners.
And there are losers.
 
 
 
 
We?
We are the longest reigning BLOG KRITIK FILM TERPILIH PIALA MAYA.

Comments

  1. stevadithia says:

    Huaaa.
    Nice ending menurutku walaupun kurang “touch” , pilihan Doel yang sedikit terprediksi ketika masih bentuk sinetron sebelum memasuki masa hiatus dan muncul dalam bentuk layar lebar.
    Dan ini salah satu cerita yang menurutku cukup berhasil ketika dibawa ke layar lebar masih terlihat classy, belum tentu cerita yang lain bisa mengikuti jejak.
    Melihat semua pemeran yang bermain denga areanya serasa mereka ini nyata seperti itu adanya.
    Mungkin 3 versi bioskop ini memang dibuat untuk sebuah memorabilia “Dulu ada kisah yang sesederhana si doel cukup loveable” 🙂
    Yakk scene stealer masih jatuh kepada Mandra as always, dia itu memang diplot untuk ngrefresh di setiap section kisah si Doel ini.

    • arya says:

      hahaha gak papa dah kalo ada spin off ‘mandra dan kura-kura ninja’ or sumting, atau kalau mereka mau lanjut bikin Si Dul Anak Sekolahan Belande, harap ada mandranya juga xD

      • Albert says:

        Wah mantap. Pantesnya memang setelah ditinggal Zaenab dan Sarah filmnya ditamatin aja hehehe. Geregetan liat si Doel ga ada sikapnya omong juga jarang. Ini alasan mas Arya malah tepat memilih menjemput daripada mendiamkan dan memilih besarin anak daripada ketemu gede. Pas nonton sih aku ga terpikir, tiba2 aja Doel pilih Zaenab ga ada alasannya. Tapi kalau kupikir2 kan dulu Doel kawin sama Sarah, berarti di sinetron Doel udah memutuskan ya? Cuma PHnya aja yang ga mau tamatin, tapi malah dilanjutin dengan masalah yang sama terus. Tapi ikut happy sih buat Mandra hahaha.

        • arya says:

          haha iya aku mikirnya ini kayak kesempatan dua bagi si doel, kalo dia gak milih zaenab nanti kesalahan2nya ke sarah bakal terulang lagi
          aku juga gak ngikutin sinetronnya dulu jadi gak tau juga dulu si doel milih nikah ama sarah ‘proses’nya gimana ahahha, cara dia ditinggalin juga gak tau

  2. Albert says:

    Aku juga lupa lupa sih prosesnya gimana. Tapi semuanya ga mulus kok. Sampai hari2 terakhir aja pernikahannya terancam batal waktu itu. Ga ingat sih kenapa cuma masih hubungan sama Zaenab. Yang Sarah pergi aku lebih ingat sih. Sarahnya ngidam minta Doel pulang, Zaenab ada masalah apa gitu sama suaminya. Pas itu Doel lebih milih ke Zaenab dulu jadi telat pulang. Ternyata ketahuan Sarah kalau Doel telat pergi ke Zaenab. Jadi pas pulang itu juga Sarahnya udah ga ada, pergi ke Belanda. Kawinnya Doel sama Zaenab aku ga tahu sama sekali. Katanya sih ada FTVnya mereka kawin.

      • Albert says:

        Bukan sama Ahong mas. Ada cowok lain yang jadi suaminya. Kasar gitu kayaknya sampai keguguran. Ga tau ya duluan mana kawinnya sama si Doel, dulu pindah Indosiar dari RCTI itu ga ngikutin sih. Aku juga ga tau, cuma pernah baca di blog mana gitu ada Ftvnya. Kemarin Ahong muncul pas Zaenab pergi kirain bakal jadian sama Zaenab, Doel sama Sarah. Ternyata cuma hiasan Ahongnya hahaha.

        • arya says:

          si ahing jadi pengecoh ahahha
          oh aku baru tahu si zaenab pernah sama cowok lain juga, dan kena kekerasan rumahtangga.. pas nonton film ini aja aku juga baru pertama kali tau si zaenab pernah keguguran, sedih amat ya hidupnya – tapi sekarang udah hepi ending deng 😀

      • Albert says:

        Iya tapi fans Sarah kemarin kulihat ga terima. Karena Zaenab yang dianggap pelakor, curhat sama Doel terus masalah rumah tangganya sama suaminya. Jadi ingat kemarin Doel diam aja ditanya anaknya kenapa dulu Sarah ninggalin Doel. Wah kalau dijawab bisa2 Doel sama Zaenab dibenci itu hahaha. Kalau aku ya paling sebel sama Doel hahaha.

        • arya says:

          haha mestinya bangga dong, Sarah tu udah jadi wanita paling kuat di sini.. dia yang minta cerai, dia inciting incident kayak yang dibilang Zaenab ke Doel di awal film ini; mereka berdua harusnya terimakasih ama Sarah. Peran Sarah gede banget mengubah cara pandang, dan memancing aksi dari Doel dan Zaenab yang masih katakanlah ‘tradisional’. Kalo Sarah gak ada, kalo dia gak memberanikan diri mengontak kembali si Doel dan ngurus cerai, hidup orang-orang Jakarta itu bakal gitu-gitu aja haha.. Mungkin ntar bakal ada yang bikin tulisan soal cara pandang Sarah mengubah dan menguatan Zaenab, dan ultimately Doel dalam kaitannya ke mindset orang barat vs orang timur.
          Aku gak melihat Dul bakal benci ama Doel dan Zaenab kalo tahu kejadian yang sebenarnya, sama seperti ibunya Dul ini kuat, mereka hidup mandiri 14 tahun – harta gak pernah jadi soal karena kita lihat sendiri dia gak tumbuh jadi anak yang manja – fase Dul ‘marah’ ama Doel udah lewat di film pertama, ia sudah memaafkan ayahnya. Dan sama seperti Sarah, anak ini sudah berjuang mendamaikan dirinya dengan masa lalu.
          Si Doel deserves it, memang dia sebenarnya ‘antagonis’ sih wkwkwk.. aku senang gimana dua wanita yang sudah diposisikan oleh si Doel jadi pelakorlah, istri yang kaburlah, mengambil tindakan dan balik memposisikan si Doel sebagai cowok yang harus bertindak, membetulkan segalanya.

      • Albert says:

        Mantap mas. Berarti Sarah yang pertama bergerak, boleh dibilang yang membuat film ini ada ya. Zaenab baru gerak di film ketiga, Doel di endingnya. Hehehe.

        • arya says:

          haha bener, film kedua mestinya si Doel, tapi dia belum berani alias masih ngeselin ahahaha, jadilah ketiga Zaenab yang terpaksa jadi tegas dan gerak hihi

  3. Avant Garde says:

    Aku awalnya nebak Doel bakalan poligami sama Sarah dan Jaenab, tp pas nonton filmnya aku pikir si Doel bakalan ditinggalin sm mereka berdua..
    Akhirnya….setelah 27 tahun… 😀
    habis film ini bakalan ada Munaroh and Mandra gak yak? kayak Milly dan Mamet… (kenapa M semua yah) haha…

  4. blogger eksis says:

    Ini ciyusan Kang Arya ngasi nilai tinggi?
    Kirain mau kasi 5 aja..
    Kalo aku kurang begitu suka sama endingnya yang dipaksakan.
    Terus ada latar waktu yang kabur gitu..

    • arya says:

      hahaha ciyus lah
      Aku ngeliat endingnya kerasa sekali si film berat mau mengakhiri semua, makanya pas beres rasanya ikutan lega aja si doel akhirnya gerak
      Yang bagian mana tu latarnya kabur?

Leave a Reply