THE SUICIDE SQUAD Review

“Everyone in life has a purpose”

 

The Suicide Squad dibuka dengan sebuah swerve. Dan kemudian untuk menit-menit seterusnya, hingga durasi kelar, sutradara dan penulis naskah James Gunn benar-benar mendedikasikan seluruh urat bersenang-senang dan denyut kreatif yang ada dalam hati dan kepalanya untuk menjadikan film serupa wujud dari karakter-karakter di dalam ceritanya, yang bukan orang baik-baik. Karakter-karakter yang beberapa di antaranya bahkan gak cukup baik sebagai kriminal super. Tapi justru itulah poinnya. Film ini, juga bukan film baik-baik. Namun dengan mengembrace sisi ‘bad’ tersebut, Gunn berhasil mengerahkan ‘pasukannya’ ini untuk menyelesaikan misi yakni menghibur kita, para penontonnya, dengan aksi dan komedi yang benar-benar super.

Not-so-direct-sequel ini adalah kelanjutan cerita dari proyek kelompok rahasia ‘korbanin napi untuk membereskan kerjaan kotormu’ yang digagas oleh officer Amanda Waller (Mata bulat penuh rahasia Viola Davis kembali menghidupkan karakter ini). Kali ini dia punya tugas baru untuk para napi-super di dalam tahanan. Menghentikan Proyek Starfish yang misterius di Pulau Corto Maltese yang penuh oleh tentara musuh. Bloodsport (Idris Elba menggantikan Will Smith’s Deadshot) ditunjuk sebagai pemimpin – dari kelompok penjahatsuper yang aneh-aneh. Demi sang anak, Bloodsport yang mematikan dan cukup handal – dia dipenjarakan karena menembak Superman dengan peluru kryptonite – harus rela digabungin ama hewan yang ia benci, yakni tikus. Sebab tikus-tikus itu adalah ‘senjata andalan’ rekan setimnya, Ratcatcher 2 (karakter Daniela Melchior ini bersalah atas mencuri hati kita!) Supervillain lain yang dipaksakan kepada Bloodsport untuk rekan tim adalah Peacemaker (John Cena bilang karakternya adalah Captain America versi douchebag), seorang pria bersenjata polka dot (jangan ngetawain Polka-Dot Man yang dimainkan David Dasmaltchian dengan aneh-tapi-charming kayak Neil di serial komedi Inggris The Inbetweeners), dan seoran-ehm, seekor makhluk setengah hiu yang kekuatannya berupa nafsu untuk memangsa manusia (disuarakan oleh Sylvester Stallone). Oh ya, Harley Quinn yang udah semakin luwes oleh Margot Robbie juga akan bergabung bersama mereka di tengah misi, membawa lebih banyak chaos dan warna-warni.

Tim orang-orang gak beres tersebut harus patuh sama perintah Waller yang bisa meledakkan kepala mereka kapan saja dari jauh. Tapi kemudian pemahaman mereka ditantang oleh kenyataan yang mereka temukan tentang Proyek Starfish yang super fishy. Bloodsport dan rekan-rekan harus memilih apakah mereka memang orang jahat tak-berguna atau mereka bisa jadi pahlawan.

suicidemaxresdefault
Aku akan bilang kepada anak-anakku kelak, bahwa ini adalah geng Jackass

 

Tapi bukan tim Bloodsport-lah yang kita lihat pertama kali. Inilah swerve yang aku maksud di pembuka tadi. Demi pembuka yang gak boring kayak Suicide Squad tahun 2016, Gunn siap untuk melanggar banyak aturan. Gunn totally memperlihatkan kita karakter lain, membentuknya seolah itulah karakter utama, membuat dia tergabung ke dalam tim penjahat super yang kocak dan absurd, dan lantas meledakkan mereka semua begitu saja. Darah mereka dipakai untuk membentuk ejaan judul. Aku tahu, sebenarnya normal sebuah film punya sekuen prolog seperti demikian. Seperti Scream yang memperlihatkan aktor muda yang lagi naik daun kayak Drew Barrymore di awal, yang kemudian ternyata hanya untuk membunuhnya sebagai pengantar. Di The Suicide Squad ini, Gunn berniat untuk menyambut kita dengan gemilang. Langsung ke pusat chaos, absurd, dan stake bahwa karakter-karakternya di sini bukanlah tipikal protagonis film superhero yang biasa – mereka semua either adalah orang jago tapi jahat, atau orang jahat tapi bego, dan mereka semua bisa mati tanpa terkecuali. Gunn tahu sebenarnya dia cukup dengan memperlihatkan kegagalan tim pertama, tapi Gunn tidak gentar untuk melangkah lebih jauh. Insting kreatifnya membuat dia mengambil keputusan untuk menjadikan film ini juga ‘jahat’ – gak peduli sama aturan. Jadi Gunn lanjut dengan menanamkan kecohan ‘karakter utamanya ternyata bukan dia’ tersebut. Kecohan yang efektif dan menghibur, walaupun memang jika dipandang lewat lensa penulisan itu bukanlah hal yang benar.

Dan setelah pembuka itu, instantly aku tahu sedang berurusan dengan apa. Sebuah film aksi komedi yang bakalan ‘susah’ untuk dinilai. Di opening tersebut Gunn telah sukses memberi isyarat dan melandaskan kehebohan seperti apa yang ia incar. Film ini akan gagal jika Gunn tidak berhasil mengfollow up opening tersebut dengan semakin banyak dan semakin gila lagi aksi dan semua-semuanya. Yang juga berarti bahwa keberhasilan film ini ditentukan dengan seberapa banyak lagi Gunn berani untuk melakukan hal-hal yang ‘gak bener’ dalam bangunan filmnya. Jadi, dengan memahami itu semua, aku bertanya pada diri sendiri. Apakah aku akan menilai film ini hanya dengan sebagai hiburan, atau menilainya dari seberapa banyak kesalahan yang sengaja diambil. Kreativitas yang ditonjolkan oleh Gunn, alih-alih usaha untuk menjaga film tetap stay di jalur kebenaran, memberiku pilihan ketiga. Menilai film ini dari kreasi yang dilakukan Gunn dalam mengolah hal-hal ‘gak bener’ yang harus ia lakukan dalam bangunan filmnya.

Cerita dengan karakter sebanyak ini cenderung untuk memerangkap sutradara ke dalam momen-momen pengembangan karakter yang gak imbang, ataupun dilakukan dengan tampak terpaksa; menyelipkan adegan-adegan ngobrol di antara aksi-aksi. Yang kaitannya dengan eksposisi. Film itu akan tampak terbagi oleh aksi dan penjelasan yang boring. Gunn melempar begitu saja karakter-karakternya kepada kita. Mengutamakan untuk memperlihatkan langsung apa yang karakter-karakter itu lakukan daripada lebih banyak menjelaskan origin. Dialog-dialog set up film ini cepat, sambar menyambar. Visualnya dibikin unik, mencolok dan berwarna bukan hanya untuk pamer, melainkan sebagai penguat karakter itu sendiri. Ketika momen-momen lambat itu betul-betul diperlukan, Gunn juga gak sekadar memberitahu kita, atau juga tidak sekadar flashback. Dia melakukannya lewat visual unik juga. Dia menggunakan jendela bus sebagai ‘jendela’ untuk melihat ke masa lalu karakter yang sedang diceritakan. Dia bahkan memindahkan sudut pandang, membuat kita masuk ke pandangan certain character supaya kita bisa langsung merasakan keanehan dirinya yang kocak (I love the ‘mom jokes’ di film ini!). Dengan membiarkan kita melihat sekaligus mendengar tentang mereka; mengexperience mereka, maka karakter-karakter dalam film ini bisa dengan mudah terkenang. Akan susah bagi kita untuk memilih siapa favorit, karena masing-masing mereka ternyata sudah kita pedulikan. Mereka bukan hanya komentar-komentar lucu, bukan hanya aksi-aksi keren. Mereka gabungan keduanya.

Adegan-adegan aksinya tentu saja sangat kreatif juga. Gunn tidak perlu khawatir menampilkan aksi yang impossible ataupun aksi yang klise kayak gedung runtuh, karena dia sudah berhasil melandaskan karakter dan dunia tersebut. Semua karakter berhasil dicuatkan pesonanya, dan itulah yang digunakan untuk memperkuat adegan-adegan berantem mereka. Salah satu hal keren yang dilakukan oleh film adalah memperlihatkan adegan berantem lewat pantulan helm. Aku sudah pernah melihat yang seperti ini di opening game Resident Evil 3 di PS satu; saat zombie bikin kacau kota diperlihatkan lewat pantulan di kaca helm polisi. Tapi aku belum pernah lihat adegan berantem yang bekerja efektif dari pantulan semacam itu di film sebelumnya. Satu lagi hal penting yang dimengerti oleh film ini adalah timing. Baik itu timing delivery dialog komedi maupun timing visual komedinya. Walaupun fast-paced dan kadang ceritanya balik bentar ke beberapa menit sebelumnya, karena banyak sekali karakter dan kejadian, film ini selalu tahu kapan harus ‘mengerem’. Kita tidak pernah dibiarkan bingung mengikuti ceritanya. Tulisan-tulisan konyol (dan keren) sebagai penanda bab/misi akan sering kita jumpai menuntun kita. Ini juga menghadirkan feels kayak sedang baca komik. Saat ceritanya balik sebentar pun akhirnya tidak terasa sebagai jeda atau sesuatu yang redundant, melainkan kita malah senang karena terasa seperti waktu tambahan untuk menyimak aksi karakter.

suicidesmaxresdefault
John Cena kabarnya di peran ini menggantikan Dave Bautista; rivalnya dalam storyline gulat

 

 

Ngomong-ngomong soal dunia gulat, aku selalu kepikiran Marvel dan DC ini kayak WWE dan AEW. Yang satu produk yang lebih ke hiburan keluarga, sementara satunya lebih mengincar ke penonton yang remaja/dewasa. Perbandingan itu semakin kentara melihat kerja Gunn di film ini. Gunn tadinya menyutradarai film Marvel, lalu dipecat, dan pindah bikin DC. Dan dia membuat film yang jauh lebih edgy di DC. Ini kan sama banget kayak superstar ex WWE yang dipecat, kemudian masuk ke AEW, dan merasa bebas, secara kreatif, untuk bermain dalam match yang lebih ‘brutal’. Gunn membuat The Suicide Squad penuh oleh aksi-aksi yang fun, as in penuh darah dan potongan tubuh yang melayang ke sana ke mari. King Shark makan orang aja ditampilin gak malu-malu. Afterall, karakter-karakter itu toh memang orang jahat. Kalo Suicide Squad pertama hanya mengingatkan kita lewat dialog yang setiap beberapa menit sekali menyebut “we are bad guy”, maka film kedua ini just having fun dengan karakter-karakter tersebut. Malah ada adegan tim Bloodsport membunuhi orang-orang tak bersalah, dan later mereka cuma salting dan bercanda gak mau mengakui perbuatannya. Dan maaan, sebagai penonton gulat yang sudah lama meminta John Cena untuk kembali jadi karakter jahat; film ini somehow terasa refreshing. Cena hillarious jadi karakter yang menjunjung perdamaian, tapi gak peduli siapa korban yang harus ia akibatkan demi perdamaian itu tercapai. Mungkin inilah yang terdekat yang bisa kita dapat kalo Cena masuk ke AEW?

Sepertinya karena itulah film ini jadi ngena. Karakter-karakternya terasa dalem. Ratcatcher 2 definitely favorit dan jadi hati di film ini. Pilihan yang para karakter buat setelah mengetahui kenyataan sebenarnya jadi terasa lebih bermuatan. Dan sebagai bigger picture, film ini memberikan kita sesuatu untuk dipikirkan. Cerita-cerita superhero DC dibuat dark dan gritty, kita butuh untuk melihat pahlawan dalam keadaan terbawah mereka, untuk menunjukkan perjuangan dan pengorbanan yang mereka lakukan. Sebaliknya, cerita penjahat seperti The Suicide Squad ini justru paling tepat ternyata dibuat konyol dan menghibur, meskipun tujuan arcnya juga sama; untuk melihat apa yang mereka perjuangkan. Jadi kenapa formulanya seperti itu? Apakah itu merefleksikan kalo baik itu boring, dan jahat lebih fun? Apakah membuatnya lebih ringan membuat kita jadi lebih mudah untuk mendekatkan diri melihat kenapa seseorang menjadi jahat?

Share pendapat kalian di komen yaa

 

Yang dilakukan film ini tidak lain hanya memperlihatkan bahwa orang-orang rendahan seperti para kriminal tersebut – yang bahkan beberapa gak kuat-kuat amat – sebenarnya juga punya kegunaan. Seperti juga ‘kesalahan-kesalahan’ yang ada pada film sebenarnya punya purpose.

 

 

 

 

Embracing bad side tidak hanya dilakukan oleh karakter-karakternya, tapi juga dilakukan untuk membentuk film ini. Namun film ini bukanlah proyek bunuh diri. Film ini melakukan hal yang gak benar, dan kemudian berkreasi dari hal tersebut. Dan dia menjadi sajian yang menghibur dan seru dan sangat asik karenanya. Kita dapat action, blood, lovable karakter, dan begitu banyak momen-momen memorable. Aturan dibuat untuk dilanggar. James Gunn melakukannya dengan passionate, mengerahkan kreasi terbaik yang ia mampu dari sana. Ia mencapai yang terbaik, meskipun naskah yang all-over-the-place, karakter yang gak dalem-dalem amat, dan struktur yang bolak-balik. Aku gak akan bandingin ini lebih lanjut sama film yang pertama, karena perbedaannya cukup jauh. Gak perlu tanya malaikat untuk tau siapa juaranya. Ini actually feels like a movie. Pembuatnya peduli sama cerita. Peduli sama karakter. Dan peduli sama kreasi.
The Palace of Wisdom gives 7.5 out of 10 gold stars for THE SUICIDE SQUAD.

 

 

 

That’s all we have for now

 

Remember, in life there are winners.
And there are losers.

 

 

We?

We are the longest reigning BLOG KRITIK FILM TERPILIH PIALA MAYA

 

 

 

Comments

  1. sursursurusur says:

    waah abis nonton ini jadi kepikiran berapa banyak peluang komedi yg bisa didapetin sama karater” di film pertamanya. yg aku suka walaupun karakternya banyak tapi masing” punya momen memorable, kayak harley quinn, tiap dia muncul kayaknya scenenya tiba” berubah jadi estetik haha. btw aku penasaran abis liat ini disney apa ga kepengen juga kali ya bikin gotg 3 jadi r rated kayak gini, àpalagi mereka mulai open buat deadpool 3 pertahanin r ratednya

    • arya says:

      Agak ragu sih kalo Disney, apalagi chainnya MCU yang udah established, mau ngebikin crot crot darah kayak gini. Sekalipun jadi rated r mungkin mereka tetep ambil cara yang lebih family friendly. Yang dibantai monster-monster tak berbentuk/nonhumanoid misalnya, darahnya gak merah, atau robot yang berdarahnya haha.. Mereka bikin Cruella fit ke rated pg kemaren bisa jadi bayangan.

    • Andy Setiawan says:

      Salah satu film yg plg aq tunggu2 tahun ini setelah DUNE tentu nya, apalagi pas tahu James Gunn jd Kaptennya soalnya pasti jd out of the box bgt krn seperti kita tahu Guardians Galaxy mgkn adalah komik yg agak susah utk di film kan krn bnyk karakter yg nyleneh.. tp nyatanya Gunn telah lulus dgn cumloud.. strike 2x lg.. Dgn penuturan crita yg ngga biasa dan karakter bnyk yg agak ganjil ( musang yg dikirain werewolf sampe Hiu yg Culun) jg dialog yg kadang kalo d pikir.. “ini apaan sih..” sperti peacemaker yg rela makan potongan titit se pantai jika itu diperlukan.. what..???. Dan smua lengkap dgn hadirnya sutradara Taika Waititi yg terkenal dgn lelucon yg absurd ikut ambil bagian d film ini. Dan adegan favorit adalah fighting scene Margot Robbie, koreografi nya indah, adegan berdarah2 tp d iringi music mellow dgn bunga2 dan burung2 yg warna warni sbgai latarnya.. sangat paradox skali sperti tujuan film ini dibuat.. Good job.. aq marah sm ente kalo ngga sampe dpt nilai bagus..hehe.. krn situs tomat sm imdb mrk smua sepakat..

      • arya says:

        Padahal berdarah-darah dengan koreografi tombak saja udah cukup, tapi James Gunn terus ngepush lebih jauh lagi. Gila tuh orang, udah kayak sumur gak berdasar aja kreativitasnya ahahaha
        Btw, Margot Robbie setiap kali jadi Harley Quinn dia kebagian sekuen aksi keren. Squad pertama di lift, Birds of Prey di kantor polisi, sekarang di hallway itu. Dan dia selalu berhasil elevates aksi-aksi itu.

  2. arya says:

    Kalopun ada disyut adegan mereka ngecek dulu, atau adegan yang lebih elaborate soal nyari harddrive, aku yakin di dapur editing juga pasti dicut. Karena dilihat dari bigger picture, ritme, dan segala macam, adegan itu gak perlu. Hanya akan memperlambat film. Karena poin si harddrive itu adalah sebagai yang diperebutkan, supaya cerita meningkat konfliknya. Supaya mereka berantem, Gunn ya milih langsung aja. Perihal isinya benar atau tidak, atau gimana, itu beda masalah-beda cerita, yang mungkin untuk dibahas kemudian hari, who knows haha

  3. Iman says:

    leluconnya juara: musang yg dikira werewolf, senjata si polkadot, bloodsport yg takut tikus dan gongnya monster patrick star hahaha gak perlu tuh monster high profile dgn background history “dalem” buat bikin film asik, cukup bintang raksasa dan semua tereksekusi dengan keren dan fun.
    setuju dengan porsi Harley Quinn yg tetap jd scene favorit dan Margot makin luwes mainnya.
    dan Ratcatcher omg keren amat, gak nyangka penggembala tikus got jd punya peran sentral disini. Btw ikut sedih juga waktu si polkadot ketimpa patrick.

    • arya says:

      Musang, hiu, tikus, bintang laut, ada burung kenari juga, mana ada film buku komik banyak binatang kayak gini ahahaha.. Final boss bintang laut raksasa aja udah aneh xD
      Aku ngakak pas yang lain pada sibuk nutupin wajah biar gak kena tempel ama bintang laut, eh si Hiu celingak-celinguk bengong aja. Wajahnya gak bisa buat ditempeli, kegedean! Kalo si Hiu bisa jadi raksasa juga, udah deh pasti kocak banget liat dia bergulat sama si Starro
      Untung Ratcatcher gak mati yaa

      • Iman says:

        dan si hiu jilat2in jarinya habis snacking org ngakak banget sih :D…nam..nam…
        Ratcatcher dari awal dia sudah jadi profile yang sayang dan care banget sama temen2nya, mirip Quinn, jadi kebangetan kl dimatiin hahaa

  4. Farrag says:

    Baru sempet nontonnnn dan cukup kaget juga ternyata ada taika waititi disini ya.. ga sempet baca banyak soalnya soal film ini.

      • Farrah says:

        Iyaaaa bener bgt hahaha, entah knp kalo liat dia lgsg mendadak bagus aura filmnya 😀 padahal dia cuma acting. Btw ga review Free Guy mas? (Ujung ujungnya nanyain film lain juga tetep lol)

        • arya says:

          Hahaha review dong, tapi ntar, masih ngantri di belakang Coda, dan beberapa kerjaan lainnya xD
          (begini nih salahnya kalo gak ada bioskop, nonton tu jadi sering dintar-ntarin wkwkwk)

  5. Farrah says:

    Gara2 baca komen mas Arya, jadi penasaran sama film Coda, dan mayan kaget rottennya 96%!!! Otw ikut nonton juga malem ini hahahaha ditunggu review2nya yaaa mas 😀

    • arya says:

      Siaappp, besok atau jumat sih kayaknya bisa mulai garap. Walau sebenarnya sejak nonton kemaren, aku udah gak sabar untuk nulisi. Gak banyak bedalah nanti skornya ama rotten xD

    • arya says:

      Iya nih, seminggu belakangan aku sibuk ngurusin kepanitiaan acara. Tapi hari ini udah kelar kok, bakal nonton dan review lagi secepatnya. Don’t Breath 2 pasti masuk daftar ulasan. Makasi udah nanyain xD

Leave a Reply