WWE Clash at the Castle Review

 

 

Terakhir kali WWE ngadain stadium show di United Kingdom itu sudah sekitar tiga-puluh tahun yang lalu. Tepatnya pada SummerSlam 1992. Main event saat itu adalah Kejuaraan Intercontinental antara Bret Hart yang mempertahankan gelarnya melawan hometown-boy British Bulldog. Dalam pertandingan yang dikenang sebagai pertandingan SummerSlam yang paling hebat tersebut, British Bulldog keluar sebagai pemenang. Diiringi sorak sorai penonton Eropa yang selalu bersemangat. Kejayaan itulah yang tampaknya pengen dirasakan oleh Drew McIntyre dalam Clash at the Castle. Ini adalah homecoming dari Drew, sehingga tidak ada lagi tempat dan saat yang lebih tepat bagi Scottish Warrior ini untuk menumbangkan Roman Reigns dari singgasana, di depan mata orang-orang sebangsa. Jadi stake bagi superstar yang paling kelihatan kematangannya ini sangat tinggi. Banyak fans, termasuk aku, yang percaya ini adalah waktu bagi Drew, tapi juga sulit membayangkan skenario Roman Reigns kalah seperti apa. Sehingga jadilah Clash at the Castle sebagai salah satu Premium Live Event WWE yang paling hype dan benar-benar dinantikan oleh fans, bukan hanya di Eropa tapi juga di seluruh dunia.

Kespesialan acara ini semakin diperkuat oleh reaksi penonton di Stadion Principality, Cardiff. Energi mereka seolah jadi tenaga listrik yang bikin show tambah semarak, aku bisa merasakan kemeriahan itu menguar ke luar layar komputerku. Yah, kita orang Indonesia memang cuma masih bisa mimpi merasakan keseruan nonton WWE langsung, dan menyaksikan Clash at the Castle kali ini rasa iriku sama penonton luar yang bisa nonton langsung semakin besar. Pecah banget soalnya! Penonton di arena terlihat sangat antusias dan have fun. Penonton Eropa memang gak ada lawan deh soal chant dan yel-yel. Mereka nyanyi-nyanyi manggil Bayley, sampai si Bayley yang mesti meranin heel jadi agak salah tingkah. Mati-matian mengembalikan heat kepada dirinya. Penonton Cardiff lalu nyanyiin bareng lagu Metalingus, waktu Edge keluar. Pop si Edge kayaknya yang paling meriah di antara yang lain. Satu-satunya yang ngalahin ramenya sorakan buat Edge ya si Drew McIntyre itu. Perjalanan karir Drew di WWE dirangkum epik lewat video footage, pake lagu entrance Broken Dreams yang dirindukan oleh semua orang, sebelum akhirnya Drew muncul dengan entrancenya yang sekarang. Disambut penuh gegap gempita. Menurutku WWE melewat kesempatan untuk jadi lebih heboh di sini. Alih-alih cuma di footage, kayaknya lebih dramatis kalo Drew memang muncul dengan entrance lamanya, sehingga dia berjalan ke ring bakal diiringi oleh nyanyian fans, seperti yang fans lakukan kepada Edge. Tapi mungkin saja WWE tidak menyangka penonton bakal seantusias dan terinvolve seperti itu. Gila memang. Bahkan di akhir acara, yang sedikit agak aneh itu, para fans di arena nyanyi bareng Drew McIntyre dan petinju Tyson Fury. Lagunya benar-benar outta nowhere. Lagu band Oasis!

Mungkin si Drew mau berpesan supaya penonton gak look back in anger terhadap hasil match main eventnya.

 

Dari Chosen One ke parodi anak band hingga ke Warrior seperti yang kita lihat sekarang, Drew telah menempuh banyak perkembangan. Actually, dia sempat memegang posisi teratas saat era pandemi. Sehingga match melawan Roman Reigns, di tanah bangsanya sendiri ini, memang berarti banyak bagi Drew McIntyre. Lebih daripada simbol slay the dragon yang jadi tema acara. Match mereka memang dibook oleh WWE sebagai sesuatu yang epik.  Rasakan deh feelnya, beda banget dengan tipikal main event WWE sebelum ini. Duelnya itu kerasa di sini. Masing-masing pihak merasa pantas jadi juara. Aku suka Roman Reigns nambah heat dengan ngambil mic dan minta penonton mengacknowledge dirinya di tengah-tengah berantem.  Finisher lawan finishernya pun tak terasa seperti spam. Gak kayak banyak-banyakan finisher. Melainkan ada intensitas terbuild setiap kalinya. Masing-masing kick out, bikin penonton semakin terhujam  ke dalam emosi. WWE juga kembali menggunakan interferensi, yang dimainkan sebagai penambah lapisan hiburan. Seperti misalnya saat Theory yang datang buat cash in, tapi malah kena bogem Tyson Fury dari sesi penonton. Puncak dramatisnya ya memang saat ending. Saat Drew seperti sudah mau menang, tapi ternyata ada satu anggota keluarga Roman Reigns lagi, satu Bloodline lagi yang menghalangi. Aku notice ada spanduk fans yang bertuliskan “If Roman wins, we riot”, dan aku setuju kalo Reigns menang dengan cara biasa, penonton bakal marah. Tapi kali ini WWE menghadirkan satu faktor yang baru. Faktor yang memperkuat tema maju bersama keluarga yang diincar oleh WWE.

Bicara tentang keluarga, ada satu lagi yang jadi sorotan di acara ini. Yakni keluarga Mysterio. Rey dan anaknya, Dominik, sudah cukup lama di-bully oleh faksi Judgment Day.  Di acara ini, Rey join forces dengan Edge, mantan ketua Judgment Day, melawan Damien Priest dan Finn Balor, dengan Rhea Ripley terus mengintai bukan hanya mereka tapi juga Dominik di luar ring. Secara match, aku memang gak ragu sama Rey dan Edge yang dulunya memang rekan tag team (they even beat Brock Lesnar sebagai team di 2002 itu). Yang menarik dari partai ini adalah ceritanya. Antara Edge kembali dikhianati oleh yang ia anggap teman, atau malah Rey yang dikhianati oleh anaknya sendiri. WWE akhirnya memberikan jawaban sesuai match dengan cara yang tetap mengejutkan, meskipun beberapa dari kita mungkin telah mengantisipasi. Plots thicken di sana-sini, membuat setiap match jadi semakin berarti.

Kayaknya udah lama sekali di WWE, pertandingan perempuan tidak menjadi highlight utama. Clash at the Castle punya 6 pertandingan, dan empat di antaranya benar-benar terasa kuat dan penting. Sementara dua pertandingan lagi – yang kebetulan adalah pertandingan perempuan – tidak sestrong empat yang lain. Bukan karena pertandingannya jelek, tapi hanya bukan fokus utama saja. Pertandingan pembuka tim Bianca, Asuka, dan Alexa melawan trio Bayley-Iyo-Dakota sangat amat fresh. Ini adalah kali pertama Damage Control bekerja sama sebagai tim. Certainly, ini bukan match yang enggak-penting. Malah partai ini salah satu selling point utama. Hanya saja memang tidak terasa seurgen match yang lain. WWE menggarap match ini, seperti layaknya match dengan banyak superstar, you know, bergantian unjuk kebolehan. Penonton pun tidak tampak benar-benar peduli sama matchnya, melainkan lebih ke seru-seruan dengan interaksi kepada para superstar. Bayley kayaknya yang paling mereka peduliin. Alexa, Asuka, Iyo mendapat respon yang standar, sementara Dakota Kai kasiannya kayak dapat respon paling minim. Sekali lagi, bukan karena mereka jelek. Penontonnya saja yang sepertinya belum panas, dan mau hore-hore saja di awal. Bianca Belair aja popnya tidak segede yang seharusnya.

Pertandingan cewek yang satunya, Kejuaraan Cewek antara Liv Morgan melawan Shayna Baszler adalah yang paling ‘dicuekin’ sama penonton yang heboh. Dan aku bisa melihat kenapa. Liv Morgan adalah fan favorit yang jadi juara karena Money in the Bank. Ngalahin Ronda Rousey.  Nah alih-alih membangun Liv sebagai juara yang membuktikan diri – bahwa kemenangannya atas Ronda bukanlah karena koper ataupun keberuntungan, WWE malah menaruh Liv sebagai juara underdog. Padahal build upnya sudah benar. Liv diceritakan belajar teknik submission, untuk mempersiapkan diri melawan penantang yang masih sekaliber dengan Ronda, yakni Shayna. Dalam match kita juga melihat gimana Liv berusaha menggunakan submission tapi dengan gampang ditepis oleh Shayna, dan Liv juga dibuat menang dengan clean. Tapi ini memang tidak dramatis karena belum benar-benar memperlihatkan struggle dari Liv. Itulah yang sebenarnya dicari oleh penonton, tapi tidak mereka dapat. WWE harus segera membook Liv dengan lebih kuat. Kalo kata aku mah, terusin saja storyline Liv belajar submission, dan bikin karakternya berkembang menjadi pengguna submission. Sehingga next time dia bertemu dengan Ronda, things would be very different, dan perkembangan Liv nyata terasa. Soalnya jarang juga kan ada storyline soal superstar yang berpindah gaya tarung.

Family Clash at the Castle

 

Liv harusnya dapat character development tegas seperti yang dilakukan WWE pada Matt Riddle. Karakter Riddle yang selama ini santuy kini diberikan match dan storyline yang emosional. Yang digali dari tempat personal. WWE dulu sering pake bumbu begini dalam storyline. Sehingga dulu feud itu benar-benar terasa kayak antara dua orang yang berantem dan saling benci beneran. Semoga dengan Triple H di belakang kemudi, feud-feud personal semakin banyak kita jumpai. Riddle dan Rollins benar-benar menyuguhkan pertandingan penuh emosi. Development Riddle di sini adalah dia yang biasanya enjoy kini bertarung dengan kepala panas, sehingga malah jadi mudah dimanfaatkan oleh Rollins.

Mengetahui kapan harus memainkan karakter, kapan harus menyerahkan semua kepada aksi ring yang intens, sepertinya itulah rahasia kesuksesan acara pro-wrestling di jaman fans yang pinter tapi cepat bosan seperti sekarang ini. Itulah sebabnya kenapa rejim Vince gak disukai, karena terlalu fokus kepada drama dan karakter. Penonton jadi cari alternatif match yang seru. Triple H berusaha menyeimbangkan ini. Dan dia sudah cukup banyak ‘latihan’ ketika menangani NXT. Triple H mengerti pentingnya match yang pure aksi bagi para fans. Maka dia memberikan kita match yang aku yakin disetujui banyak kalangan sebagai MATCH OF THE NIGHT, yakni Gunther melawan Sheamus, Aku mungkin salah ngitung jam, tapi aku yakin near fall pertama yang kita dapatkan terjadi di menit kelima belas match ini. Bayangkan. Sheamus dan Gunther fokus menyerang dengan tampar-menampar dada. Kalo dibaca mungkin terdengar konyol, tapi man, dada Sheamus langsung memar dan berdarah, padahal belum sampai satu menit match ini berjalan. Level main-fisik match ini luar biasa, tanpa kehilangan bobot drama, karena actually penonton jadi benar-benar tersedot. Dan lantas terombang-ambing begitu false finish after false finish berlangsung. Honestly aku sangsi Gunther bisa beradaptasi dengan style entertainment di main roster, tapi aku terbukti salah. Gunther bermain ke dalam gaya ini dengan sangat baik. Psikologi ringnya juga bagus. Dan dia tahu gimana mancing drama lewat move set. Seperti yang ia lakukan ketika menggunakan apa yang tampak kayak botch powerbomb tapi sesungguhnya adalah powerbomb terperinci yang khusus dilakukan untuk mencederai lower back Sheamus.  Powerbomb ngilu yang actually berbuah adegan dramatis sebagai finishing match.

 

Clash at the Castle adalah show yang heboh dan fun oleh reaksi dan semangat penonton. Didukung oleh empat (dari enam) match yang sangat-sangat terbuild up, punya cerita dan drama, serta aksi fisik yang seru dan meyakinkan. Acara kali ini begitu padat dan menghibur, ekuivalennya mungkin ya benar, seperti melihat orang melawan naga!

 

Tampar-tampar dada, they said. It’d be fun, they said

 

 




Full Results:

1. SIX WOMEN TAG TEAM  Bayley, Dakota Kai, Iyo Sky mengalahkan Biance Belair, Asuka, dan Alexa Bliss
2. INTERCONTINENTAL CHAMPIONSHIP Gunther bertahan dari Sheamus
3. SMACKDOWN  WOMEN’S CHAMPIONSHIP Liv Morgan masih juara ngalahin Shayna Baszler
4. TAG TEAM Edge dan Rey Mysterio menang dari The Judgment Day 
5. SINGLE Seth Rollins unggul dari Matt Riddle
6. UNDISPUTED WWE UNIVERSAL CHAMPIONSHIP Juara Bertahan Roman Reigns masih memegang rekor juara terlama dengan ngalahin Drew McIntyre

 

 




That’s all we have for now.

Remember, in life there are winners.
And there are losers.

 

 

 

 
We are the longest reigning BLOG KRITIK FILM TERPILIH PIALA MAYA.



Comments

  1. Aldi Priansyah says:

    Yang the best adalah review ente, bro. Gue nonton show nya emang hype banget apalagi match gunther vs sheamus. Setelah baca review ente, jadi kerasa lagi semangat acaranya. Belajar darimana sih bikin review dgn kata-kata yg tidak membosankan begini?
    Mantap!

    • Arya says:

      Hahaha mungkin karena baru baca aja, jadi masih fresh. Susah loh bikin konten yang tetep fresh, WWE aja gak mampu konsisten fresh kok, apalagi ane xD

      Tapi benerlah, gila itu Gunther lawan Sheamus. Kesan boss fightnya beneran dapet, apalagi di awal pake ada adegan mereka berdiri tatap-tatapan, sementara di sekitarnya ‘anak buah’ masing-masing pada chaos berantem

Leave a Reply