Tags

, , , , , , , , , , ,

 

Pernah dengar penyanyi atau grup band asal Islandia?
Mungkin sebagian pembaca masih asing dan sebagian mungkin sudah familiar.
Ada banyak sekali artis penyanyi maupun grup band yang berasal dari Iceland.

Dari barisan penyanyi sebut saja ada Björk, lalu di musik instrumen piano ada Ólafur Arnalds, di bagian post rock ada  Sigur Rós -yang pada tahun 2013 lalu pernah datang ke Jakarta, lalu tak ketinggalan ada Of Monster and Men.

Musik di Islandia banyak yang beraliran volk, pop tradisional, dan kontemporer.
M
usik tradisional Islandia berkaitan dengan bentuk-bentuk musik Nordic. Meskipun Islandia memiliki populasi yang sangat kecil, itu adalah rumah bagi banyak band terkenal dan dipuji banyak musisi.

Akan sangat panjang postingan ini jika saya menulis semua semua penyanyi dan grup band-nya,nanti malah ga dibaca,hehe
Jadi akan saya pilihkan yang populer saja.

 

1. Björk

Terlahir dengan nama Björk Guðmundsdóttir pada 21 November 1965.
Ia adalah penyanyi, penulis lagu, produser, DJ, dan aktris. Berkarier selama empat dekade (40 tahun), dia telah mengembangkan gaya musik eklektik yang menarik dan cukup berpengaruh. Genre musik Björk mencakup elektronik, pop, eksperimental, klasik, perjalanan hop, IDM, dan gaya avant-garde. Wajar jika dibeberapa lagu atau albumnya kita dengar dan menimbulkan kesan “semau gue”, nanyi semau gue, musik semau gue, dan karena itu memang ciri khas dari Björk. Rada pusing juga kalo baru pertama kali mendengar musik dan lagunya.

Dia awalnya dikenal sebagai vokalis dari band rock alternatif The Sugarcubes, yang pada tahun 1987 single “Birthday” menjadi hits di AS dan stasiun indie Inggris, serta menjadi favorit di kalangan kritikus musik. Björk memulai karir solo pada tahun 1993, menonjol sebagai artis solo dengan album seperti Debut (1993), Post (1995), dan Homogenic (1997).

Salah satu lagu terbaiknya-menurut saya- adalah Hyperballad, yang kemudian banyak dicover oleh banyak artis dan penyanyi termasuk salah satu grup band Indonesia, Mocca.

Ini adalah Hyperballad asli Björk.

Lalu ini Hyperballad versi Mocca.

yang manapun favorit kalian, semuanya enak-enak!

 

 

2. Ólafur Arnalds

Atau lebih dikenal dengan nama sebutan Óli, nama panggilannya, lahir 3 November 1986 adalah seorang musikus, komponis, multi-instrumentalis, dan produser rekaman.
Jenis musik yang dimainkannya saat ini adalah post-rock, neo-classical, indie, dan instrumental dengan label sinematik Erased Tapes.

Sebelumnya, Arnalds belum pernah mengkomposisi dan memainkan musik klasikal dan belum mempunyai pengalaman pada musik tersebut. Namun, ia tertarik pada musik klasik dan ia ingin mempelajari seluk-beluk tentang musik klasik tersebut. Maka, ia mulai mencoba eksperimen baru dengan mengkomposisi dan melantunkan musik klasikal yang juga diiringi lantunan biola dan selo oleh kuartet geseknya dan mulai meninggalkan musik metal maupun hardcore.
Dan sampai sekarang pun, ia masih aktif berkarier solo bersama kuartet geseknya yang kadang ikut mengiringinya bermain musik. Ia telah menenggelamkan diri sepenuhnya dalam dunia komposisi yang bersimfoni dan menghasilkan orkestra ringan. Arnalds mengeksplorasi crossover dari klasik ke pop dengan mencampurkan dawai dengan piano.

Lalu, sejak album debut Arnalds semasa karier solonya; yaitu Eulogy for Evolution dirilis pada 12 Oktober 2007, komponis muda ini terus mendapatkan banyak apresiasi. Diikuti juga oleh EP-nya, Variations of Static yang dirilis pada tahun 2008; yang juga memperoleh apresiasi, baik dari bidang kontemporer maupun klasikal dan berhasil  menyatukan idealisme kedua bidang tersebut.

Pada bulan April 2009, Arnalds mengkomposisi dan merilis lagu per hari, dan selesai dalam waktu tujuh hari. Ia langsung membuat setiap lagu tersebut tersedia melalui foundsongs.erasedtapes.com dan Twitter. Akhirnya, kumpulan rekaman lagu selama 7 hari tersebut dirilis sebagai album yang berjudul Found Songs. Trek pertama pada album tersebut dirilis pada 13 April 2009. Dengan kontribusi cover album dari para penggemar melalui Flickr, rilis secara modern tersebut membangkitkan kenangan dari tradisi yang tampak hilang dalam era digital seperti sekarang ini.

Ini salah satu lagu terbaik oli-menurut saya,

gimana? bikin ngantuk ya?  atau merasakan santai, relaksasi….

 

 

3. Sigur Rós

Sigur Ros adalah sebuah band yang beraliran post-rock dari Reykjavik, dan telah aktif sejak tahun 1994. Dikenal karena suara vokal falsetto frontman Jónsi ini, dan penggunaan bowed guitar (gitar yang digesek menggunakan bow/penggesek biola), musik Sigur Ros juga terlihat untuk menggabungkan dari elemen estetika klasik dan minimalis. Inspirasi nama band ini berasal dari nama adik Jónsi (vokalis), yaitu Sigurrós Elin.

Selama berkarier di dunia musik, sudah banyak album yang dikeluarkan dan menjadi hits internasional, berikut adalah discography albumnya:
1. 1997-1998 : Von and Von brigði
2.
1999–2001: Ágætis byrjun
3.
2001–2004: ( )
4.
2005–2006: Takk…
5.
2007: Heima and Hvarf/Heim
6.
2008: Með suð í eyrum við spilum endalaust
7. 2009 Hiatus (vakum)

8. 2011 : Inni (album Live)
9. 2012 : Valtari
10. 2013 : Kveikur

Sempat berganti personel, baik saat melakukan rekaman album maupun saat menjalani world tour nya. Dengan komposisi personel sekarang yang terdiri dari :
Jonsi pada vokal, Georg Holm pada bass, dan Orri pada drum serta perkusi.
Ada banyak lagu hits yang dihasilkan oleh Sigur Ros, antara lain : Hoppipola, Glosoli, Olsen-Olsen, Vaka, Festival, Kveikur, dan masih banyak lagi.
Saya berani jamin kalau kalian dengar lagu mereka, kalian pasti suka walaupun lagunya tidak berbahasa inggris dan banyak yang Vonlenska.

Apa itu Vonlenska? Vonlenska adalah bahasa non-literal yang membentuk lirik dimengerti dinyanyikan oleh band pada beberapa lagu.
Vonlenska tidak memiliki sintaks tetap dan berbeda dari bahasa yang dibangun yang dapat digunakan untuk komunikasi. Berfokus sepenuhnya pada bunyi bahasa; itu tidak memiliki tata bahasa, makna, dan bahkan kata-kata yang berbeda. Sebaliknya, terdiri dari emotif vocables non-leksikal dan fonem; berlaku, Vonlenska menggunakan unsur-unsur melodis dan ritmis bernyanyi tanpa isi konseptual bahasa. Pada album (), seluruh lagu di album ini dinyanyikan secara vonlenska atau tanpa lirik, (suka-suka vokalis menyanyikan seperti apa).

Contoh lagu yang vonlenska, Olsen-Olsen

Tahun 2013 yang lalu, Sigur Ros juga pernah mengunjungi Indonesia dalam rangka world tour nya. Dan saya termasuk yang beruntung bisa menyaksikannya langsung di Jakarta.
Luar biasa keren konser live mereka, full team membawa semua peralatan ‘bunyi aneh’ yang biasa kita temukan di lagu album mereka . Apalagi saat membawakan lagu hits Hoppipola.

Hoppipola Live Jakarta (2013)


Hoppipola Official Video

Sebenarnya masih banyak lagi lagu hits Sigur Ros yang saya yakin kalian pasti langsung suka, tapi kalau saya tampilkan semua, bisa habis kuota buat buffering videonya.
Jika kalian pernah menonton film 127 Hours, maka diakhir film itu ada lagu dari Sigur Ros yang dipakai sebagai penutupnya. Lagu itu judulnya FESTIVAL (yang terdapat di album Með suð í eyrum við spilum endalaust). Masterpiece lagu ini mulai di menit 4:35

 

 

4. Of Monster and Men

Of Monsters and Men terdiri dari lima anggota, band ini berasal dari Reykjavík dibentuk pada tahun 2010.
Para anggota vokalis / gitaris Nanna Bryndis Hilmarsdóttir, co-penyanyi-gitaris
Ragnar “Raggi” Þórhallsson, gitaris
Brynjar Leifsson , drummer Arnar Rosenkranz Hilmarsson
Kristján Páll Kristjánsson ebagai pemain bass.
Band ini memenangkan Músíktilraunir pada tahun 2010

Pada tahun 2011, Of Monsters and Men merilis sebuah EP berjudul Into the Woods. Album debut band ini pada 2011 adalah ‘My Head is an Animal, mencapai posisi No.1 di Australia, Islandia, Irlandia dan Rock AS dan Charts Alternatif, sementara memuncaki Nomor 6 di chart album US Billboard 200, No 3 di UK, dan Top 20 paling grafik Eropa dan Kanada. Singel “Little Talks” juga adalah salah satu sukses internasional, mencapai Top 10 di chart musik paling di Eropa, termasuk No 1 di Irlandia dan Islandia, dan No 1 di Lagu AS Alternatif.

Baru 2 album yang dikeluarkan oleh grup band ini. Dan ada beberapa lagu hits dari grup band ini antara lain adalah : Dirty Paws, Mountain Sounds, Hunger.
Jika kalian pernah menonton film ‘The Secret Life of Walter Mitty’ tahun 2013, maka akan kalian temukan lagu Dirty Paws ini menjadi OST film tersebut.


Of Monster and Men – Mountain Sound

dan ini satu lagi lagu hits mereka-versi saya:
Hunger

 

Ternyata musik Iceland sudah banyak yang menjadi international hits, menambah referensi musik ‘ajaib’ yang tidak itu-itu saja.

Dan yang saya senangi dari-hampir semua- musik Iceland adalah membawa imajinasi kita liar bebas bermain-main, membawa perasaan tenang dan sekaligus menyadari bahwa imajinasi kita tak terbatas. Mengamini perkataan Einstein ‘imagination is more important than knowledge’

 

 

—“Cogito Ergo Sum, Uncogito Ergo Sumsum.” (Aku berpikir maka aku ada, aku tidak berpikir maka aku mengada-ngada)

Advertisements