Tags

, , , , , , , , , ,

tamiya

 

Kalian tau mainan Tamiya Mini 4WD? Untuk kalian yang lahir di era akhir 80 sampai 90an pasti ga asing lagi dengan mainan yang satu ini. Yup! Mainan mobil balap yang bisa dimodifikasi ini bisa dimainkan oleh berbagai kalangan umur. Bahkan sampai saat ini permainan mobil balap ini masih eksis di tengah gempuran mesin gadget. Kompetisinya ramai diikuti kalangan penggemar. Yang profesional bisa ngeluarin budget hingga jutaan loh!

Resep lebih populernya adalah, Tamiya menggandeng Shogakukan, perusahaan penerbitan Jepang, untuk membuat seri TV anime bertema mobil Mini 4WD. Judul-judul serinya antara lain: Dash! Yonkuro (1989), Let’s & Go (1996), Let’s & Go WGP, Let’s & Go MAX, dan akhirnya Let’s & Go!! Tamiya The Movie

Gambar Ki-Ka : Dash! Yonkuro (1989), Let’s & GO (1996), Let’s & Go Max, dan Let’s & Go WGP

 

 

 

Oke kali ini yang akan kita bahas tentang sejarah Tamiya itu sendiri.

Tamiya Incorporated (Kabushiki gaisha Tamiya) adalah sebuah perusahaan yang memproduksi mainan yang demikian dikenal sebagai Tamiya. Produk dari perusahaan ini sebenarnya bukan hanya model mainan mobil tetapi meliputi mainan (model) lain seperti mobil bertenaga baterai, mainan mobil bertenaga matahari (solar cell), mainan kapal, dan aneka model mainan lainnya.
Perusahaan ini didirikan oleh Yoshio Tamiya di Shizuoka, Japan pada tahun 1946. Model mainan Tamiya diproduksi dengan suatu perencanaan dan dalam konsep “mudah dipelajari dan dibangun, bahkan oleh seorang pemula”. Konsep ini diterapkan secara sungguh-sungguh dalam semua lini produk yang diluncurkan. Setiap bagian dari model diproduksi dengan tingkat ketelitian, akurasi, dan detil yang tinggi.

Perusahaan Tamiya memperoleh reputasi dari para penggemar mainan miniatur karena kualitas serta akurasi skala pada model-model mainannya, sesuai dengan slogan yang pada logo perusahaan “Kualitas Pertama di se-antero Dunia”. Hal ini terbukti dengan telah dimenangkannya penghargaan bergengsi sebagai Modell des Jahres (Model tahun ini) yang diselenggarakan oleh majalah Berbahasa Jerman Model Fan, selama beberapa tahun.

Selain Tamiya, perusahaan lain juga ikut meramaikan pasar mini 4WD, di antaranya Tokyo Marui, Kyosho, Academy, Auldey, Okami, Gokey, HJH, Twink, dan AA. Masing-masing dari mereka memperkenalkan rancangan tersendiri, Sementara beberapa produk masih berupa tiruan dari Tamiya. Tiruan tersebut menjadi alternatif bagi produk Tamiya yang mahal, namun tentu saja dengan kualitas yang tidak setara.

Sebagai penutup, berikut beberapa inovasi yang sudah Tamiya lakukan sejak pertama kali diciptakan:

  • Tahun 1960 membuat model plastik pertama Battleship Yamato.
battleship-yamato

Battleship Yamato

  • Tahun 1964 membuat model plastik pertama jenis Tank dengan skala 1:35
tamiya-panther-tank

Panther Tank 1:35

  • Tahun 1967 bekerjasama dengan Honda membuat model Honda F-1 (1:12) yang dipamerkan pada Nuremberg Fair Toys di Jerman. Dan Tamiya menjadi partisipan dari Jepang pertama pada event itu.
military-miniatur-set

Military Miniatures Set

 

  • Tahun 1968 membuat Tank Soldier Set, ini adalah produk miniatur seri militer pertama.
  • Tahun 1976, Tamiya sebenarnya membeli Porsche 911, dibongkar, dan dibangun kembali itu dalam rangka untuk lebih memahami mobil. Tamiya membuat mobil radio kontrol (RC mobil) versi Porsche 934. Meskipun penjualan model plastik dari 1/12 Porsche 934 kurang bagus, versi mobil RC sukses besar. Pada tahun 2006, Tamiya memilih 934 Turbo RSR sebagai produk yang memperingati ulang tahun ke-30 dari seri mobil RC Tamiya ini.
tamiya-porsche-934

Porsche 934 (1:12)

  • Tahun 1986, tahun ini adalah kelahiran seri Mini 4WD, dengan produk Pertama Hot Shot Jr. Seri ini sangat populer di Jepang sampai dengan sekitar tahun 2010an.
tamiya-hot-shot-jr

Mini 4WD Hot Shot Jr (1986)

 

“Mudah dipelajari dan dibangun, bahkan oleh seorang pemula”

Advertisements