“Fandom can’t have nice things”
Franchise Scream bisa segede ini karena misteri whodunnit-nya selalu dibarengi oleh humor meta dan sindiran untuk film dan trennya saat itu. Scream original adalah satir untuk genrenya sendiri. Scream 2 menyindir horor sekuel. Scream 3 berisi celetukan gimana Hollywood membuat franchise dari tragedi nyata. Scream 4 menyentil soal reboot atau remake. Bahkan Scream versi serial juga memuat komentar soal adaptasi ke serial tv. Maka sebagai penggemar berat, aku excited sekali nungguin tentang apa Scream kelima ini. Terutama setelah mereka mutusin untuk mencopot angka-lima dan hadir dengan judul Scream saja- ngikutin horor-horor klasik yang dimodernisasi dengan sekuel yang gak ada angka, confusing everyone. Apakah Scream lima sengaja menyindir ini?
Yang jelas, sekuel terbarunya ini memang kayak berusaha memancing reaksi fans banget. Apalagi pas ditonton. Wuih. Mulai dari mengejek horor kekinian yang lebih drama, sampe ke misteri dalam ceritanya sendiri yang buatku tampak so easy. Scream 5 ini actually adalah Scream pertama yang bisa aku tebak dengan benar siapa pelakunya, siapa yang bakal mati. In fact, aku sudah menerka sejak adegan para karakter bertemu di rumah sakit di awal cer.. See, inilah yang hendak dilakukan oleh Scream 5. Film ini ingin bicara langsung kepada para penggemar setianya. Film menggebah kita entah itu untuk protes, atau untuk menyombongkan diri. Aku hampir saja jatuh ke lubang jebakannya itu. Karena Matt Bettinelli-Olpin dan Tyler Gillet memang merancang film ini sebagai sindiran untuk fandom dengan segala ke-toxic-annya.
Sebagai Scream pertama yang tidak didirect oleh kreatornya langsung (RIP Wes Craven!) Scream 5 memang memikul beban yang berat. Tudingan dan ancaman dari penggemarnya pasti langsung menghujam. Awas kalo gak menghormati ruh franchisenya! Awas kalo jadi cash-grab doang! Dan memang bukan Scream saja yang mengalami itu – both peremajaan franchise dan reaksi-reaksi fans. Hal tersebut udah jadi kayak tren baru di Hollywood. Franchise-franchise gede seperti Halloween, punya banyak sekuel sehingga udah melenceng ke mana-mana. Kini banyak dari mereka yang dihidupkan kembali. Dibuat ulang sebagai sekuel langsung dari original, mematikan sekuel-sekuel terdahulu. Itu adalah trik yang dilakukan supaya gampang laku dan terutama tidak mengkhianati para fans originalnya. That’s the keyword. Scream, on the other hand, adalah satu-satunya dari franchise-franchise gede seperti itu yang memang hadir selalu sebagai sindiran meta. Sutradara Matt dan Tyler jeli melihat itu. Mereka paham ada sesuatu di balik apa yang mereka sebut (lewat karakter ceritanya) sebagai ‘rekuel’. Sesuatu yang pantas untuk dibahas, dikomentari, dan mereka mengolah itu ke dalam mitologi dunia Scream yang mereka ekspansi. Mereka menatap balik para fans. And they give all of us the wink that we deserved.
Tidak ada opening dalam franchise Scream yang bertindak sepenting opening Scream kelima. Bukan sekadar untuk horor pembunuhan pertama yang ngeset mood dengan bintang muda berakting jauh dari elemen nyaman mereka, ataupun sekadar untuk nostalgia ke original, melainkan opening kali ini sudah berbobot oleh informasi yang memuat gagasan sekaligus hook ke cerita utama nantinya. Ini juga kali pertama korban di adegan opening selamat dari maut. Gadis yang ditelpon lalu diserang Ghostface itu adalah Tara (Jenna Ortega kupikir lebih punya kharisma kuat sebagai tokoh utama). Kini dia di rumah sakit dijenguk oleh geng–oops 90an banget, sekarang istilahnya adalah sirkel! Di antara sirkel Tara itu ada sobat karibnya Amber (langsung kujatuh cinta sama penampilan Mikey Madison), Wes (Dylan Minnette jadi karakter untuk tribute ke Wes Craven), si kembar Mindy dan Chad, serta Liv. Kakak Tara yang sudah lama meninggalkan kota Woodsboro pun hadir demi memastikan keselamatan adiknya. Semua orang yang ada di ruangan itu in some way punya hubungan dengan karakter-karakter dari Scream original. Yang membuat mereka semua menjadi target dari si Ghostface yang baru – dan also, semuanya adalah tersangka utama. Semua, termasuk Sam kakak Tara yang datang bersama pacarnya. Sam (Melissa Barrera looks though enough) merasa sepertinya semuanya berhubungan dengan rahasia yang ia simpan. Rahasia bahwa sebenarnya dia adalah putri dari Billy Loomis, sang original killer.
Tugas mengisi dunia dengan karakter baru sudah terestablish dengan baik. Ini benar-benar seperti cerita baru, tapi dengan tie-in kuat terhadap cerita original. Film menggali drama dari karakter utama baru dan karakter-karakter lama. Dan drama-drama tersebut tidak tumpang tindih. Mainly karena film tidak malu untuk mengakui bahwa sudah saatnya untuk move on. Trio Sidney – Gale – Dewey dihadirkan, tidak merebut spotlight, tapi tetap dengan momen-momen heartfelt. Aku suka film ini menggali relationship Dewey dan Gale dengan lebih grounded dan make sense ketimbang pada sekuel sebelumnya. Momen kecil seperti Dewey yang berkata akan menelepon Gale tapi kemudian hanya meng-sms saja membuat karakter-karakter semakin bersinar. Sedangkan pada karakter utamanya, Sam, dikembangkan urusan yang lebih psikologikal. Drama personal seorang keturunan serial-killer. Sam, di saat-saat sendirian, akan sering melihat ayahnya. Bicara dengan sosok ayahnya. Ini menambah percikan dan bobot di dalam misteri yang dipunya oleh cerita. Karena ultimately inilah yang dijadikan motif utama. Ghostface di film ini ingin menulis fan-fiction tentang anak dari Billy Loomis dan Sidney. Fan-fiction yang menurutnya bakal bisa jadi film yang lebih hebat daripada sekuel-sekuel Stab yang semakin ngaco.
Di sinilah letak keluwesan Scream sehingga bisa terus bicara sebagai sindiran meta. Selain aturan-aturan film horor, Scream juga punya film-dalam-film. Sejak Scream kedua diceritakan tragedi Sidney Prescott menjadi begitu viral sehingga diberitakan, dibukukan, dan difilmkan. Film kayfabe ini berjudul Stab dan merupakan cerminan ekstrim dari film Scream itu sendiri. By now, Stab udah 8 sekuel, dan sekuel terakhirnya benar-benar flop. Mirip seperti Scream 4 yang juga gak sukses, bedanya di film kelima ini diceritakan Stab 8 sudah seperti cerminan dari horor modern kita. Di jaman kita sekarang, horor ‘fun tapi cerdas’ bukan lagi yang seringan Scream. Melainkan yang berat-berat, yang lebih dramatis, seperti The Witch, Hereditary, The Babadook, It Follows. Film yang bagus banget, tapi kurang laku karena ya enggak sefun Scream. Scream 5 berusaha menjadi balance.
Supaya film ini menarik untuk ditonton oleh penonton kekinian, mereka membuat drama yang cukup berbobot, sementara tetap mempertahankan pesona 90an yang jadi ruh franchise Scream, yang jadi pemancing nostalgia. Akan tetapi, seperti yang mereka prediksikan terjadi kepada Stab 8, film ini tahu fans original bakal ada aja yang protes karena menganggap terlalu berbeda. Jadi film ini menyindir mereka duluan. Fans-lah yang dijadikan pembunuh dalam cerita ini. Fans tersebut mengira tahu apa yang mereka mau, dan berusaha mengambil kendali. Fans ingin membuat cerita sendiri, dan menjadi pembunuh berantai demi itu. Di satu adegan ada Dewey merasa terluka oleh kata-kata seorang karakter; that’s how toxic fans in our life kill menurut film ini. Sebenarnya, film sedang meneriakkan bahwa fans sendirilah yang merusak apa yang mereka suka, bagi diri mereka sendiri dan bagi semua orang.
Itulah sebabnya kenapa fandom gak akan pernah bisa mendapatkan nice things. Karena mereka gak pernah puas, selalu ada aja yang diprotes. Dan itu gak sebatas film, kita akui saja, fandom di mana pun – wrestling, buku, musik, sepakbola, bahkan agama, memang cenderung jadi seganas ini. Terutama kalo ada ‘anak baru’ maka makin beringas lah mereka menunjukkan kefanatikannya dengan segala “harus begini, harus begitu”.
Bukan hanya pada narasinya saja. Celetukan ini juga menguar dari penceritaan film. Misalnya pada elemen horornya. Fans suka banget sama jumpscare. Film horor baru seperti Hereditary dan kawan-kawan tadi bagi mereka gak seram, karena gak ada jumpscare yang seru. Maka film ini bermain-main dengan itu. Ada sekuens karakter seorang diri di dalam rumah. Dia membuka segitu banyak pintu dan lemari. Dan setiap kali pintu-pintu itu dibuka, film akan menaikkan intensitas musik, seolah ada sesuatu yang bakal mengejutkan muncul begitu pintu itu diayunkan tertutup kembali. Jumpscare yang udah diantipasi itu tidak pernah datang. Barulah kemudian di saat yang paling tidak diduga, film memunculkan kejutan. Yang terasa jadi lebih efektif. Jadi film ini cerdas sekali, memanfaatkan sindiran menjadi efek seram yang lebih kuat.
Film menelisik toxic fandom ini lebih lanjut. Kedalaman komentarnya itulah yang membuatku suka sekali sama film ini. Ke-toxic-an itu dikaitkan film kepada kegemaran kita terhadap menyebarkan hal-hal negatif yang berlawanan dari yang kita sukai. Ada yang janggal sedikit, digoreng ramai-ramai. Ada yang berbeda sedikit, dibahas berhari-hari. Itu juga sebabnya kenapa komentar sarkas dan ulasan menghina lebih banyak dibaca. Kita menikmati hal-hal negatif, karena itu juga membuat hal yang kita sukai semakin tervalidasi. Dan pada akhirnya kita jadi lebih suka melaporkan kenegatifan. Period. Maka dari itulah, film ini bagiku seperti berakhir dengan poetic justice. Karena Gale Weathers-lah yang menyadari duluan. Semua horor di dunia mereka itu berasal dari dia yang jurnalis, lebih memilih melaporkan tragedi, memberitakan kejadian berdarah, menceritakan serial killer kepada publik. Cerita Sidney, Stab, jadi punya banyak penggemar for the wrong reasons. “I’m not gonna write about this” kata Gale di ujung durasi Scream 5. Gale benar. Jangan kasih minyak ke negativity. Jangan kasih viral perbuatan jahat, bego, kasar, dan sebagainya.
Ternyata film ini misterinya lebih gampang ditebak bukan karena bangunannya kurang kuat. Kita-lah yang sudah terlampau cinta sama franchisenya, kitalah yang sudah demikian mengerti dengan konteksnya. Kita adalah penggemarnya, dan film ini bicara tentang penggemarnya harusnya menikmati apa yang kita cintai. Boleh kritik, tapi jangan jadi toxic. So here goes mine. Dengan segala antisipasi itu, film ini masih mampu tampil menghibur. Membawa ruh franchisenya, respek sama franchisenya. Menghadirkan cerita dan karakter baru yang terikat kuat pada karakter original. Bercerita dengan drama yang balance; dengan drama itu sendiri serta dengan aspek horor. Film dengan muatan sebanyak ini berpotensi jadi boring atau sukar dimengerti, tapi muatan sindiran dan komentar serta aksi misteri whodunnit-nya membuat film tetap menarik dari awal sampai habis. Film ini berikan perkenalan yang cukup, serta proper send off untuk certain character. Dan kita menyambut semua itu dengan suka ria. Plus, I love Amber.
The Palace of Wisdom gives 7.5 out of 10 gold stars for SCREAM
That’s all we have for now
Apakah kalian punya tips menjadi fan yang baik dan enggak jadi toxic?
Share pendapat kalian in the comments yaa
Thanks for reading.
Remember, in life there are winners.
And there are losers.
We?
We are the longest reigning BLOG KRITIK FILM TERPILIH PIALA MAYA
Ada yang disensor gak bang?
Ada, beberapa adegan bunuhnya disensor karena sadis-sadis semacam gorok leher. Disensornya pas mau ngegorok. Langsung cut ke pas udah selesai goroknya.
Adegan ciuman (kayaknya) cewek ama cewek juga disensor
Kagaak, bener dah, suka aja lihat Amber pas pertama kali muncul hahaha
Kayak cewek keren gitu kan. Sarkas yang lucu pula. Aku malah gatahan ngtwit “Amber’s hot!” pas awal-awal.
Eh, taunya di belakang dia beneran ‘on fire’
Dan jadi makin suka karena ternyata XD
Semua review bagus ya Scream. Aku kok ga suka ya. Rasanya tumpang tindih cerita antara Sam cs dan Sidney-Gale, ga nyatu gitu jalan sendiri2. Sama Dewey justru yang nyatu ceritanya. Ah mati juga dia akhirnya, kok ya udah lolos pakai balik lagi segala :(.
Lebih suka yang ke 4, rasanya lebih keren Jill apalagi pas lukai diri sendiri, Yang ini Amber aku udah nebak, tapi lupa kalau pelakunya ada 2. Apalagi pacarnya bolak balik diserang pembunuhnya. Sederhana sebetulnya ya langsung betul tebakan pertama Dewey 😀
Kalo nilai OWL Harry Potter, Scream 5 ini dapatnya E. Exceed Expectations. Karena sebagai Scream pertama yang bukan dibuat oleh Wes Craven, gak ada yang ekspek film ini bisa dapetin feelnya Wes Craven. Ternyata selain masalah pace dan komedi kurang-liar (karena bobot drama di film ini lebih banyak – yang kayak tumpang tindih itu tadi), Scream 5 berhasil nangkep feel dan ruh itu.
Scream 4 itu sekuel yang motif ghostfacenya paling kuat dan grounded sih memang. Sedang yang kelima ini, yang paling singkat dan paling gampang. Kalo gak ada bahasan Dewey dan original trio, udah beres dan ketebak cepet banget pasti buat semua penonton. Cerita trio original di sini sebenarnya distraksi; yang punya hati dan pengembangan sendiri, yang juga penting untuk konsep rekuel (reboot sequel) yang diusung.
Jill, dan Stu, udah ghostface psikopat terataslah. Amber is just like mini version dari fusion mereka berdua xD
Ya aku nonton maraton dulu dari 1-4 biar ingat ceritanya. Emang yang pertama paling psikopat Stu itu ya. Ga ada alasan pula dia bunuhnya. Mengerikan. Hehehe.
Kupikir2 lagi sekarang Bapaknya Tara itu anggap Sam anaknya ya? Berarti pas SMA ibunya Sam dan Tara ini tidur sama 2 cowok gitu ya? Berarti di sana bisa tanggung jawab nikah juga kalau hamil ya pas SMA? Betul ga sih begitu? Sidney dan Gale ternyata hidup, masih bisa main lagi kalau mau dilanjutin ceritanya ini. Tapi Sam juga menarik jadi karakter utama, anaknya BIlly Loomis. Terakhirnya aja udah sadis bunuh pacarnya. Hehehe.
Hahaa bunuh karena enjoy dan ikut-ikutan Billy, gila tuh orang. Aku gak ingat si bapak Tara stress karena tahu Sam itu bukan anaknya aja atau stres karena spesifik Sam anak Billy Loomis, tapi mestinya memang nganggap anak sih. Bisa jadi juga ibunya pas hamil langsung DO dan nyari suami dengan faking her age, simply pura-pura ibu janda. Yang jelas di luar situ kayaknya nikah lebih ‘ngasal’ daripada di sini kan, tinggal “I do” “I do” aja kayaknya beres xD
Sayang disensor ya pas ultimate goroknya. Punchline heroine Sam jadi kurang berasa
Iya kok mau gitu nikahin ibunya Sam-Tara. Kukira di sana ga ada budaya tanggung jawab kawinin kalau udah hamil gitu apalagi pas SMA. Ya lebih masuk akal ngaku janda terus kagetnya karena anaknya BIlly sih.
Ini juga mirip dulu ibunya BIlly ninggalin bapaknya pas tahu bapaknya BIlly selingkuh sama ibunya Sidney ya. Bedanya Billy jadi pembunuh, Sam malah yang dikejar pembunuh. Omong2 sensor gara2 matinya Wes disensor, sempat kukira dia nih pembunuhnya hadeuh. Ini hormatin Wes Cravennya dengan dibunuh karakternya nih 🙁
Iya tuh aku juga kesel soal sensor si Wes. Gak diliatin kamera sama sekali, jadi aja kesannya kayak trope “if the death is not happened in-camera, then the character is not dead”. Mana si Dylan pula kan aktornya; yang udah punya type sebagai anak baik-baik, sehingga jadi red herring parah. Kirain masih hidup dan bakal muncul lagi. Taunya beneran mati dan kena sensor.
Lebih respek daripada dijadiin pembunuh kayaknya anggapannya, sama supaya bisa masukin “For Wes” haha
Harusnya ditulis lho for Wes siapa dan siapa Beliau. Sebelahku kan polisi, dia ga paham itu for Wes siapa dikira ya karakter yang mati itu hahaha.
Hahaha padahal Scream udah jadi ikon pop-kultur ya, udah 25 tahun. Tapi tetep ada yang gak kenal/tau secara menyeluruh. Bukan salah penonton sih. Tapi juga bukan salah filmnya juga, karena tidak tahu Wes yang sebenarnya dimaksud pun tak apa-apa. Tak ada pengaruhnya. Namanya juga easter egg xD
Itulah masalah sensor di negara kita. Udah ada kategori, tapi tetep aja dipotong. Nyensornya masih permisif. Masih mikirin ada anak di bawah umur kategori yang masuk. Gak tegas sih haha..
Ni kalo keluar versi streamingnya, aku pasti bakal nonton lagi XD