Tags

, , , , , , , , , , , ,

“The greatest myth of our times is that technology is communication.”

 

 

 

Kita tahu sekarang udah jaman komputer salah satunya adalah dari ketika kita nonton film aja, “Eh udahan dong internetannya, ada film baru nih, yuk nonton, seru!”, yang kita tonton pun layar komputer juga. Chat orang-orang dijadikan tontonan. Jokes aside, film yang ceritanya dibangun seluruhnya berdasarkan perspektif komputer seorang tokoh sebenarnya sungguh impresif. Pintar, menjadikan layar komputer sebagai alat untuk bercerita; membangun dunia dengan lapisan misteri, juga karakter, dari penggalan-penggalan komunikasi menjadi rangkaian aksi. Buktinya Unfriended (2015), Searching (2018), meski masih punya ‘glitch’ dan masalah penceritaan di sana-sini, film-film bergimmick komputer itu tak pelak udah sukses bikin kita tersedot ke dalam ceritanya.

Dan sekarang, Unfriended dibuat sekuelnya, dengan maksud mengeksplorasi dunia siber dengan lebih dalam. Dari segi konsep, Unfriended masih lebih baik dan konsisten karena film tersebut berani untuk mempercayai penonton mampu menangkap semua yang berusaha untuk mereka ceritakan dengan tidak ‘mengkhianati’ gimmick layarnya sendiri. Layar komputer itu tidak akan di-zoom, karena sesuai dengan dunia nyata, ketika kita membuka laptop atau komputer, kita akan membuka banyak hal sekaligus. Kita dengar musik, kita buka video, kita chatting, kita buka google untuk mencari informasi atau gambar-gambar lucu sebagai penunjang bahan obrolan; layar komputer kita naturally akan tumpuk menumpuk. Mata kita sudah terbiasa untuk melihat mana yang perlu dilihat. Unfriended tidak memisahkan kita dari sensasi melihat layar tersebut, begitu juga pada film keduanya ini. Unfriended: Dark Web malah mencoba untuk melangkah ke zona realita itu dengan lebih jauh lagi. Tidak lagi kita akan melihat aspek supernatural alias hal-hal goib di sini. Film mempersembahkan sebuah kengerian yang timbul ketika kita tercemplung ke dalam sesuatu yang tidak kita mengerti. Sesuatu yang ternyata lebih besar dari kelihatannya.

Kalian tahu gimana katanya kita hanya menggunakan sepuluh persen dari kekuatan maksimal otak? well yea internet juga begitu. Selain halaman penuh hoax, caci maki, propaganda ketakutan, challenge-challenge fun tapi pointless, dan jutaaan selfie produk keinsecuran diri tersebut, sebenarnya ada porsi lain dari internet yang tidak bisa kita masuki sembarangan, yang tidak bakal nemu meski tangan kita pegel ngetik Enter di mesin pencari, yang disebut dengan Deep Web. Dan jaringan Deep Web ini luas banget. Salah satunya adalah lapisan atau jaringan Dark Net; tempat segala informasi yang bikin bulu kuduk berdiri. Segala macam kejahatan bisa ditemukan di sini (tentu saja jika kita bisa masuk dulu ke Webnya), semuanya yang bisa kita pikirkan ada di sini. Juga sangat berbahaya, karena ini adalah tempat hang outnya para hacker. Unfriended: Dark Web menceritakan tentang gimana seorang pengguna internet biasa harus berurusan hidup-mati dengan lingkaran hacker dan kriminal di Dark Net.

suddenly, your hidden ‘funny’ files don’t matter anymore

 

Mencoba untuk berkomunikasi lebih baik dengan kekasihnya yang tuna rungu, Matias (Colin Woodell sebelumnya juga ikut bagian dalam film ‘layar komputer’, Searching) mengembangkan sebuah aplikasi chatting yang bisa langsung menuliskan apa yang ia sebut, lengkap dengan kamus bahasa isyarat. Tapi komputernya lemot. Jadi, Matias ini langsung semangat begitu dapat laptop baru yang lebih kenceng. Facetime mereka jadi lebih lancar, aplikasi buatannya juga langsung dites buat pacaran. Tak lupa pula laptop baru ini dipamerkan kepada geng sahabatnya sembari mereka bermain game lewat video-call. Tak lama, Game Night mereka berubah menjadi malam petaka. Pemilik lama laptop Matias muncul di facebook, meminta kembali laptopnya. Keadaan menjadi sulit lantaran Matias keburu tahu rahasia si pemilik lama, dan tanpa sengaja ia mencampuri urusan lingkaran bisnis si Pemilik Laptop yang berhubungan dengan penculikan wanita dan tindak kriminal mengerikan lainnya di Dark Net. Semua orang yang Matias sayangi ikut-ikutan terseret bersamanya.

Dalam lapisan terdalam dari aspek romansa Matias dengan pacarnya yang berbahasa isyarat, sebenarnya film bicara tentang masalah komunikasi. Kita menciptakan alat untuk mempermudah komunikasi; sosial media di internet, gadget, dan sebagainya, tapi itu tidak berarti komunikasi itu sendiri seketika menjadi lancar. Malahan terkadang, teknologi seperti mengeliminasi seni komunikasi itu sendiri. Komunikasi adalah soal kita untuk mau mengerti lawan bicara, effort yang berasal dari diri sendiri dan tak akan bisa diwakili oleh teknologi secanggih apapun.

 

Salah satu teman Matias ada yang diceritakan berasal dari Jakarta. Bahkan ada adegan cukup panjang dia bicara dengan bahasa Indonesia. Aku terkesan pada separuh bagian awal film ini, bukan exactly karena hal tersebut.. Penceritaan film ini diperkuat oleh uniknya hubungan Matias dengan pacarnya. Kita bisa melihat sebenarnya dia lumayan berusaha, dia sempat belajar bahasa isyarat (entah karena bego atau memang gak serius belajarnya adalah misteri berikutnya yang minta dipecahkan), kemudian dia beralih ke membuat aplikasi. Yang justru membuat pacarnya enggak senang. Dan dia sempat didiemin, chatnya gak dibales. Di sini tercipta ‘lingkungan’ yang menarik. Kita mungkin bisa teriakin saran ke mereka, tinggal ketik chat doang apa susahnya – tinggal baca, tapi mereka ingin benar-benar ‘berbicara’. Rintangan tak-terlihat ini menambah bobot banyak bagi karakter mereka. Yang sangat disayangkan, semakin Matias terjun ke Dark Web, cerita semakin jauh masuk ke zona thrillernya, film seolah melupakan aspek tersebut. Film hanya sibuk dan berusaha keras untuk menakuti kita.

Dan tidak pernah berhasil karena landasan untuk kita takuti itu nyatanya semakin jauh ke realita. Maksudku, bahkan film pertama yang ada elemen hantu balas dendam lewat laptop aja terasa lebih seram dan ‘nyata’. Karena story di belakangnya adalah tentang tragedi perundungan. Hal-hal terrible yang menimpa Laura Barns, kita percaya semua itu bisa (bahkan mungkin sedang) terjadi kepada murid sekolah manapun di dunia saat ini. Kejadian-kejadian seramnya lebih mudah dipercaya karena, ya, memang kejadian supranatural. Pada Dark Web, mereka memperlihatkan kepada kita masalah tentang kriminal di Dark Net – yang mungkin juga terjadi, who knows, tapi yang dilakukan oleh ‘antagonis’ di film ini tidak dibangun untuk bisa kita percaya bisa terjadi beneran. Ada mitos Chiron dan Sungai Styx (dari mitologi Yunani soal penyeberangan ke dunia orang mati) yang dijadikan simbol yang tidak menambah banyak bagi cerita. Yang dilakukan para Chiron juga tampak terlalu dibesar-besarkan, tidak plausible. Gimana mereka bisa muncul dengan tepat di waktu yang benar. Kita diharuskan percaya bahwa mereka hacker sehingga bisa melakukan berbagai hal yang nyaris gaib, bikin penampakan mereka ngeglitch dan sebagainya. It’s just.. para tokohnya begitu perfect dalam kerjaan mereka. Bahkan Matias saja mengetik dengan sangat lancar seolah tidak berpikir dahulu; aspek detil pada film pertama yang tidak kita temukan di sini.

Mungkin karena tokohnya cowok jadi lebih tegas dan gak baperan

 

 

Sebuah film hanya akan semenarik dan sebagus endingnya. Setelah menonton film ini, aku mencari tahu tentang endingnya. Ternyata, film ini dibuat dengan dua ending. Dan yang aku tonton sepertinya adalah versi yang lebih jelek. Aku gak mau bicara banyak karena bakal spoiler parah. Yang aku bisa bilang adalah, versi yang aku tonton, pada babak ketiganya banyak adegan kematian yang dibuat sekenanya. Kayak ada satu tokoh yang diam begitu aja di tengah jalan. I mean, come on, nenek-nenek yang gak bisa ngapalin password facebooknya sendiri aja juga tau kalo diem di tengah jalan bisa berakibat ditabrak mobil. Ending yang aku tonton semacam memperlihatkan ‘gambar besar’ dari apa yang sebenarnya terjadi. Fokusnya menjadi lebih ke dunia pada cerita ini sendiri ketimbang pada tokoh utamanya. Yang membuat plot si Matias menjadi tidak melingkar; tidak menutup. Dari apa yang kubaca pada artikel tentang dua ending film ini; versi yang lain – meski nasib para tokoh di akhir cerita tidak mengalami banyak perubahan; hanya ada satu berbeda secara signifikan – memberikan kesimpulan cerita yang lebih memfasilitasi plot karakter tokoh utama. Ada permainan kalimat yang cerdas sehubungan dengan dialog Matias dengan pacarnya di awal film yang dimunculkan kembali tentang gimana Matias menyesal tidak belajar bahasa isyarat lebih giat. Jadi ya aku kesel juga malah dapat film yang versi ending kurang kuat.

 

 

 

 

Lebih sebagai sebuah sajian thriller ketimbang horor. Menakjubkan gimana penceritaan film ini dibuat dengan sedekat mungkin dengan kenyataan. Perspektif layar komputernya tetap, dan masih, menjadi hal yang paling menarik. Tapi dari aspek kejadian mengerikannya, film banyak meminta kita untuk menahan rasa tidak percaya itu hingga ke titik film ini punya kredibilitas yang bahkan lebih rendah daripada film pertamanya yang tentang hantu main facebook.
The Palace of Wisdom gives 5 out of 10 gold stars for UNFRIENDED: DARK WEB.

 

 

 

 

 

That’s all we have for now.
Penasaran gak sih, kalo laptop atau komputer milik kalian jatuh ke tangan orang lain, kira-kira ada hal paling menakutkan yang bisa mereka temukan di dalamnya?

Remember, in life there are winners.
And there are losers.

 

 

 

 

We?
We got PIALA MAYA for BLOG KRITIK FILM TERPILIH 2017

 

 

Advertisements