TETRIS Review

 

“Under capitalism, man exploits man. Under communism, it’s just the opposite”

 

 

Video game seringkali sama seperti film, dalam hal, yang simpel yang justru meledak dan digandrungi orang. Game-game kayak Flappy Bird, Pac-Man, Among Us, gak punya grafis hyper-realistis, gak pakai mekanik dan konsep gameplay yang ribet. Tombol inputnya sederhana. Tapi begitu addictive sehingga jadilah merakyat. Kalo mau menarik ke belakang, kita akan menemukan Tetris. Yang sudah booming sejak penciptaannya, tahun 1984. Tetris menjadi game paling banyak terjual kedua setelah Mario, padahal game itu isinya cuma balok-balok yang bisa kita puter-puter untuk disusun. Kita mendapat skor kalo berhasil menyusun balok dalam satu garis; membuatnya balok-balok itu menghilang – menyisakan tempat untuk jatuhan balok berikutnya yang harus kita susun. Aku masih ingat waktu kecil, ngerasa heran kok tumben orangtuaku mau membelikan Nintendo (padahal biasanya beliin mainin robot-robotan aja pelit). Dan itu ternyata bukan karena mereka mau memanjakanku dengan Mario, tapi karena mereka pengen main Tetris!! Ya, bahkan di kota kecilku saja, Tetris populer, walau datang agak telat rupanya di tahun 90an. Tua muda mainin Tetris, gimbotnya yang bisa bersuara ngebego-begoin pemain pun laku di toko-toko. Baru setelah nonton Tetris karya Jon S. Baird di Apple TV+ ini aku kepikiran, gimbot-gimbot tetris itu kemungkinan palsu semua. Karena memang, ternyata masalah lisensi Tetris amat sangat pelik. Tetris memang bukan kayak Mario Bros; bukan game petualangan yang punya cerita. Jadi make sense kalo film tentang game ini, bakal bercerita tentang kejadian seputar pembuatannya instead. Tentang perebutan hak jual dan lisensi pembuatan. Sayangnya Baird, lupa bahwa seringkali hal yang simpel yang justru meledak. Dalam usahanya bikin game tetris jadi bahasan film yang menarik, Baird bablas membesar-besarkan banyak hal. Dia berusaha menjual peliknya masalah lisensi dengan terlalu berlebihan, unnecessarily, sehingga hal-hal grounded dari ceritanya tertutupi.

Drama dan konflik itu sebenarnya sudah ada di sana. Game Tetris diciptakan oleh seorang karyawan di Rusia, basically sebagai distraksi dari kejenuhan di kantor. Tapi game tersebut jadi popular, kalo zaman sekarang mungkin udah viral. Alexey, si pembuat, itu gak bisa claim tetris sebagai miliknya, karena sistem komunis yang dianut Rusia menyatakan setiap properti rakyat adalah milik negara. Sehingga kopian tetris menyebar liar. Salah satunya sampai ke Las Vegas. Tempat pertama kali tokoh utama kita, Henk Rogers seorang desainer video game, memainkannya. Dan langsung jatuh cinta. Blok-bloknya kebayang terus, kata Henk. Jadi mulailah Henk mencari lisensi untuk menjual game ini ke Nintendo. Dalam proses tersebut ada banyak ‘pemain’ yang terlibat, developer dan pengusaha-pengusaha yang jelas bukan orang suci. Henk eventually memang harus ke Rusia, dan berurusan dengan aturan ketat – dan also orang-orang berbahaya – di sana demi mendapatkan lisensi. Udah kayak ‘perang’ antarnegara saja nanti di sana, Amerika, Jepang, Rusia saling berebut hak menjual dan memproduksi Tetris across multiple platforms seperti komputer, arcade, dan handheld. Jika gagal, Henk dan keluarga akan kehilangan rumah karena Henk telah mempertaruhkan semua yang ia punya untuk game yang sangat ia percaya bakal bisa sukses tersebut.

Siapa sangka game tetris ternyata berhubungan sama Cold War

 

Aspek karakter yang membuat cerita ini membumi adalah persoalan Henk Rogers yang mempertaruhkan semua untuk hal yang ia percaya. Yang menyangkut persoalan keluarganya juga, Henk dibikin sebagai tipe ayah yang terlalu sibuk ngurusin pekerjaan sehingga bukan saja melupakan kebutuhan anaknya, dia juga membuat mereka bisa terserempet bahaya. Ini sebenarnya klise, tapi toh memang dibutuhkan supaya karakter Henk bisa berimbang, supaya kita gak melulu melihatnya sebagai salesman yang ngincar cuan. Ini membuat karakter Henk juga dilihat dalam cahaya seorang ayah. Taron Egerton ngasih pesona ‘nice man’ khusus buat karakter ini. Kadang dia bisa tampak sebagai bisnisman yang berani ambil resiko, kadang dia terlihat sebagai fan garis keras. Terutama ketika nanti Henk bertemu dengan Alexey. Actually, persahabatan yang perlahan terjalin antara Henk dengan Alexey juga bakal jadi hati yang mendaratkan cerita. Dua pria dari negara dan dibesarkan oleh prinsip berbeda, tapi mutual berkat kesamaan respek terhadap ide dan karya. Nikita Efremov sebagai Alexey buatku kayak sama aja jadi tokoh utama karena karakter ini juga mempertaruhkan banyak. Dia punya kehidupan rahasia, yang kalo ketahuan sama negaranya, bakal membuat dia game over. Mestinya film berkutat di relasi kedua orang ini saja. Like, cerita bisa sederhana dari sini saja. Pandangan komunis dan kapitalis bisa diwakilkan oleh interaksi mereka.

Tapi film lebih tertarik menjadikan cerita mereka sebagai landasan dari thriller negara/politik. Maksudnya sih ya, biar seru. Speaking in a tetris’ term; film terus membolak-balik ‘blok-blok’, berusaha memasukkannya menjadi bangunan semacam spy action, dengan literally karakter-karakter yang berubah dari ‘baik ‘ke ‘jahat’ for the sake of bikin mirip kayak thriller serius, dan bahkan di babak ketiga ada kejar-kejaran mobil hingga ke bandara segala. Film memperlakukan setiap chapter ceritanya sebagai literally ‘level’ dalam video game. Yakni setiap level harus menyajikan tantangan yang semakin susah untuk karakter. Konsep yang secara esensi memang benar, karena film memang harus menaikkan rintangan dan stake. Hanya saja dalam Tetris, konsep itu membuat film berubah tidak lagi tentang karakter dan pilihan mereka, melainkan jadi ke kejadian-kejadian yang terus diperbesar. Cerita yang diangkat dari sejarah memang tidak mesti harus sama dengan kejadian nyata; boleh saja diberikan exaggeration.  Tetris, however, menjadikan kisah perebutan game tetris menjadi lebih sensasional, menjadi terlalu bergaya Hollywood, dan dalam prosesnya menjadikan karakternya jadi seperti satu-dimensi. Perebutan lisensi tersebut jadi terlalu ribet untuk diikuti, kita jadi tidak meresapi apa efek ini semua kepada karakter. Apakah mereka pilihan mereka benar atau salah. Momen-momen dramatis tidak terasa, tertutupi oleh momen-momen sensasional antara kapitalis versus komunis.

Baik prinsip kapitalis maupun komunis, sebenarnya sama saja. Yang satu memperbolehkan satu pihak memakan yang lain dalam persaingan, yang satunya menggembleng pihak-pihak untuk rela dimakan demi pihak penguasa, Film Tetris meski memang punya resolusi ke arah anti komunis, tapi dalam penceritaannya menyentuh ground yang cukup seimbang. Mutual respek yang terjalin antara Henk dan Alexey adalah bentuk dari ground seimbang tersebut. Jawaban dari film tentang mana prinsip yang lebih baik

 

Sekuel Tetris haruslah tentang Henk yang keturunan Belanda dan Indonesia mudik dan mendapati banyak gimbot tetris ilegal yang bisa meledek pemainnya

 

Film melakukan itu semua untuk cerita yang kita semua sudah tahu endingnya gimana. Tetris toh memang bakal jadi properti Nintendo dan meledak. Action dan sensasi thriller itu jadi pointless, kecuali film mau mengubah juga endingnya. Tapi kan, tidak. Aku sih lebih prefer cerita yang sederhana dan fokus ke karakter, ke development karakter. Karena memang segrounded itulah film ini dipersembahkan pada saat set up. Action di akhir itu tidak pernah ditanem vibenya di sepuluh menit awal. Film ini saja yang tau-tau berubah menjadi action supaya babak finalnya seru. Menit-menit awal sebenarnya penuh narasi eksposisi. Yang supaya menarik, dilakukan oleh film dengan animasi pixel 8-bit ala video game jadul. Mereka menerangkan jalur distribusi game, para karakter, dan segala macem hingga transisi ‘level’ lewat animasi ini. Visual yang keren, sebenarnya. Apalagi aku memang suka banget sama game-game pixel. Jadi menonton semua itu terasa menghibur, meskipun memang animasi yang mereka lakukan itu tidak ada hubungan langsung dengan game tetris selain dari era yang sama. Film juga menggunakan banyak istilah game jadul – dilakukan lewat Henk berusaha pitching idenya ke orang Nintendo di Jepang – yang bikin kita tambah kesengsem terjerat nostalgia. Momen-momen itu terasa menghibur, gak bikin eksposisi menjadi bosenin, dan yang terpenting tidak mengganggu karakter. Melainkan muncul sejalan dengan mereka. Tidak seperti bagian perebutan lisensi yang completely chaos dan kita hanya menyaksikan kejadian-kejadian betapa susah dan berbahaya berurusan dengan komunis/Rusia.

Film ini ekslusif tayang di Apple TV+, kalo kalian tertarik atau pengen nostalgia sambil pengen tahu cerita di balik game tetris yang populer itu, bisa langsung klik ke  https://apple.co/3nhEOdf untuk langganan platformnya (ada jatah free untuk tujuh hari!)

Get it on Apple TV

 

 




Kalo dibilang kecewa, sih ya aku cukup kecewa. Karena aku udah seneng film ini tidak mengadaptasi game tetris dengan memaksanya menjadi ‘cerita petualangan di dunia tetris’. Melainkan mengambil aspek menarik dari kisah/sejarah keberadaan game ini dan membuat cerita drama berdasarkan kisah nyata tersebut. Tapi ujung-ujungnya film ini tetap jadi ‘petualangan’ ala kartun, dengan elemen yang dibikin overly sensational. Memang, cukup beralasan membuatnya begini. At least, cerita jadi seru dan gampang disukai ketimbang jadi drama karakter yang berat. Hanya saja film melakukan itu membuat cerita jadi kehilangan karakter dan stake dramatis mereka. Serta tidak disetup properly, cerita bergulir terlalu lama sebelum masuk ke inti seperti apa film ingin dirinya tertampilkan. Dengan kata lain, penceritaannya saja yang kurang tepat. Kayak kalo main tetris, ada space untuk blok kotak, tapi kita malah masukin blok yang panjang. “Begok, lu!” kata tetrisku kemudian..
The Palace of Wisdom gives 6 out of 10 gold stars for TETRIS

 




That’s all we have for now.

Bagaimana pendapat kalian tentang capitalism versus communism, siapa yang lebih baik?

Share pendapat kalian di comments yaa

 

 

Remember, in life there are winners.
And there are losers.

 

 

 

 

We?
We are the longest reigning BLOG KRITIK FILM TERPILIH PIALA MAYA


Comments

Leave a Reply