“If we do not have one thing, we surely have some other”
Dengan menyerukan kata “Shazam!”, Billy Batson – Asher Angel memerankan anak muda empat belas tahun dengan hidup yang cukup ‘keras’ besar dari rumah asuh ke rumah asuh lain – berubah menjadi Zachary Levi yang berotot, berkostum ketat merah, dengan sayap putih sebagai jubahnya. Dan simbol kilat menyala oren terang di dadanya. Apa yang lantas dilakukan Billy dengan kekuatan sihir menembakkan kilat dari jarinya? Apa yang diperbuat Billy dengan kemampuan berlari super cepat, tahan peluru, dan bertenaga seperti Superman? Tentu saja bersenang-senang! Dengan wujud barunya, Billy membeli bir. Membalas perbuatan bully di sekolah. Lalu kemudian bolos sekolah. Masuk ke kelab. Begitulah kehidupan orang besar di mata anak-anak; kesempatan bermain yang lebih panjang. Tapi tentu saja, menjadi dewasa bukanlah sekadar mengucapkan mantra untuk berubah.
Shazam! sebelum sebuah film superhero, adalah sebuah film keluarga. Dan sebelumnya lagi, film ini merupakan sebuah gambaran tentang dewasa yang sebenarnya. Menggunakan sudut pandang anak kecil. Salah satu dari kalimat yang pertama kita dengar di film ini, kurang lebih, adalah “this kid will never be a man”, yang seketika mengeset konteks bahwa menjadi dewasa sekiranya dapat menjadi beban bagi anak kecil; sesuatu yang ditakuti, lantaran mereka belum punya pengetahuan ataupun kesiapan. Tapi ini bukan jenis cerita yang membandingkan kesempatan anak kecil dengan orang dewasa. Ini lebih kepada membandingkan dua contoh kasus; dua anak kecil yang sama-sama tidak punya satu elemen penting dalam masa perkembangan mereka sehingga rasa takut tersebut berubah menjadi rasa iri. Dan kedua anak ini memilih cara yang berbeda untuk mengekspresikan rasa iri mereka.
Fokus film ini adalah supaya kita melihat dan meng-embrace hal yang tidak kita punya. Bukan untuk menumbuhkan inferior, bukan untuk menciptakan rasa iri. Melainkan supaya kita dapat membuka diri menerima hal baru yang akan mengisi kekurangan sehingga kita menjadi semakin dewasa terhadap keadaan kita.
Ketika membaca tiga paragraf di atas, mungkin yang belum nonton bakal menganggap film ini sebagai tontonan yang serius. Percayalah, di tengah gempuran dunia sinematik superhero yang ceritanya lagi kelam dan sangat serius, Shazam! actually adalah jenis film superhero yang bisa kita nikmati sambil nyender santai ngunyah popcorn di kursi. Penceritaannya mengambil pendekatan seperti komedi anak muda di tahun 80an. Akan ada banyak adegan yang sengaja dijatohin cheesy. Tone cerita memang kadang jadi gak bercampur dengan baik. Sepuluh menit pembuka yang lumayan dark, dan menyedihkan, dan kemudian ternyata bagian tengahnya itu luar biasa ringan. Yang dialami oleh Billy saat masih kecil itu bukan materi yang bikin kita ngakak. Dia terpisah dari ibunya di karnaval, dan sejak hari itu terus mencari-cari keberadaan sang ibu. Hidup Billy jadi enggak mudah. Tetapi alih-alih melanjutkan cerita lewat drama, film membawa kita ke pendekatan yang lebih fresh. Kita diberitahu Billy terus-terusan kabur dari rumah asuhnya. Kita diperlihatkan Billy ngeprank polisi demi mendapatkan alamat. Dan ini sebenarnya sangat kompleks; film enggak ingin membuat cerita yang seperti biasa namun juga tak mau Billy tampak seperti remaja urakan yang melakukan keputusan bego dengan sekadar mencari masalah dengan orang dewasa. Billy ini menolak untuk settle dengan rumah asuh karena dia menolak mengakui dia udah gak punya keluarga.
And here comes the heart of the movie; Billy ditempatkan di rumah asuh bersama lima anak yatim lainnya. Elemen keluarga asuh ini menjadi aspek terbaik yang dimiliki oleh film ini. Orangtua asuh Billy kali ini adalah pasangan yang dulunya juga gede di sistem foster, jadi mereka mengerti bagaimana menjadi keluarga. Baru-baru ini aku nonton MatiAnak (2019) yang juga memperlihatkan kehidupan foster family yang menyenangkan, dan Shazam! ini juga sama upliftingnya. Anak-anak yang bakal menjadi saudara Billy lebih beragam. Cewek yang paling kecil, misalnya, sangat senang punya kakak cowok baru dan tidak bisa berhenti bicara. Ada juga anak yang hobi main game. Ada yang pendiam tapi gak menutup dirinya. Ada kakak cewek yang galau keterima kuliah, tetapi dia merasa berat harus pindah dari keluarga tersebut. Percakapan Billy yang tatkala itu sudah menjadi Shazam dengan si kakak ini menunjukkan nun jauh di lubuk hati sebenarnya Billy merasa iri dengan anak-anak yang bisa menerima kekurangan mereka, tapi ia tutupi dengan merasa ia sudah bisa menjaga diri – ia merasa itulah makna dewasa, sehingga ia tidak perlu lagi iri.
Teman sekamar Billy, si Freddy (Jack Dylan Grazer jadi salah satu sumber komedi paling efektif dalam cerita), eventually menjadi sidekick yang ngajarin Billy cara menjadi superhero yang ‘baik dan benar’. Tokoh ini menurutku adalah perwujudan dari tone cerita yang kadang gak nyampur dengan baik tadi. Di awal pertemuan mereka, Freddy bercanda mengenai kondisi dirinya yang berjalan dengan bantuan tongkat. Dan kita gak yakin harus tertawa atau enggak, kinda seperti lelucon ‘papa belum mati’ Lukman Sardi di film Orang Kaya Baru (2019). Tapi sutradara David F. Sandberg lumayan berhasil mengalihkan tokoh ini dari menjadi annoying, hubungan antara Freddy dengan Shazam-lah yang membuat bagian tengah film ini menyenangkan untuk disimak. Dan tentu saja, Zachary Levi sangat kocak sebagai Billy Super. Dengan sukses dia menghidupkan seperti apa sih anak kecil yang seumur hidupnya belum pernah mengalami kejadian menyenangkan tiba-tiba mendapat kekuatan, menjadi orang besar, dan bisa melakukan banyak hal yang sebelumnya mungkin malah tak pernah ia bayangkan. Makanya Billy kecil justru terlihat dewasa, sedangkan Billy gede lebih fun – seperti ada dua Billy. Karena dalam wujud Shazam, Billy merasa lebih luwes dalam mengekspresikan diri.
Ketika kita diliputi rasa iri, kita akan lebih berfokus pada apa yang tidak kita miliki. Padahal semestinya kita tidak melupakan apa yang kita miliki, apa yang seharusnya kita nikmati.
Film tidak benar-benar menjelaskan kenapa Billy terpilih sebagai pewaris kekuatan sihir Shazam, selain karena dia punya hati yang murni. Monster yang harus dikalahkan olehnya adalah perwujudan dari Seven Deadly Sins. Billy bisa jadi dikatakan murni karena dia tidak tertarik untuk membesarkan Dosa yang dia punya, he did try to repressed his envy. Tapi cara film ini membuat urutan kejadiannya, malah jadi terasa seperti Billy adalah pilihan random, dan alasan kenapa dia enggak tergoda jadinya seperti karena Monster Tujuh Dosa itu sudah pergi dan tidak ada di Gua saat Billy dipanggil ke sana. Billy seperti tidak mendapat ‘godaan’ sebesar antagonis utama film ini, ‘anak kecil’ satunya lagi yang jadi sorotan cerita; Mark Strong yang dengan bad-ass memerankan Dr. Thaddeus Sivana.
Kondisi yang membuat iri tumbuh dengan tiga kondisi sebagai syarat. Pertama ada orang atau sesuatu yang lebih baik, kedua kita merasa ingin seperti demikian, dan ketiga ada derita yang kita rasakan sehubungan dengan hal tersebut. Backstory Dr. Sivana ini dijelaskan dengan cukup detail. Dia mengalami tiga hal tersebut. Kita melihat dirinya semasa kecil, dan seperti apa jadinya dia saat dewasa. Cerita ingin menunjukkan kontras antara Billy dengan Sivana; anak kecil yang berusaha dewasa dengan keadaan dirinya dan orang dewasa yang tetap seperti anak kecil lantaran menahan grudge yang dipelihara oleh rasa irinya. Merupakan perbandingan yang menarik, tapi juga membuat tokoh ini jadi satu-dimensi. Dan kita diminta untuk percaya dari sekian jauh waktu antara dia kecil hingga dewasa, dia hanya punya satu di pikirannya. Dia tidak berubah sama sekali. Untuk memaklumkan kita, film berusaha menunjukkan ‘kegilaan’ Sivana dewasa dengan meng-reintroduce tokoh ini dalam lingkungan penelitian, di mana kita melihat dia menonton video orang-orang yang mengalami kejadian yang sama dengan dirinya untuk berusaha mengerti dan pada akhirnya bisa mengeksploitasi sumber dari fenomena tersebut. Hanya saja, sekuen tersebut malah menambah ke bentroknya tone cerita, aku gak tau harus merasakan apa melihatnya setelah pembuka yang lumayan sedih, untuk kemudian setelah ini disambung sama adegan jenaka yang begitu self-aware.
Shazam! memasukkan banyak referensi superhero dari DC Comic. Batman dan Superman malahan berperan lumayan ‘besar’ sehingga kadang rasanya kepentingannya sedikit terlalu besar untuk mengingatkan kita bahwa ini adalah superhero DC. Selain itu, juga ada referensi dari video game dan pop-culture lain. Terang-terangan film memasukkan adegan yang merujuk pada film Big nya Tom Hanks. Which is fun. Hanya saja, sekali lagi, terasa terlalu intrusif sehingga mengganggu tone adegan yang saat itu lagi kejar-kejaran antara Shazam dengan Sivana. Kadang film bisa mendadak jadi extremely comical seperti demikian. Salah satu contoh lagi adalah adegan ketika mereka berdua lagi ‘berdiri’ dengan jarak yang lumayan jauh. Ini sebenarnya kocak banget, karena film seperti meledek adegan-adegan yang biasa kita lihat dalam stand-off tokoh superhero dengan penjahat. Tapi sekaligus juga mengurangi keseimbangan tone, I mean, jika ingin kocak seperti demikian mestinya mereka konsisten komedi dulu dari awal seperti yang dilakukan Thor: Ragnarok (2017) yang dengan bebas mengeksplorasi kekonyolan tanpa merusak tone cerita secara keseluruhan.
Sedikit lebih komikal dari yang diisyaratkan oleh adegan pembukanya. Film ini bakal jadi hiburan yang ringan, di mana menyebutnya ‘superhero yang tidak serius’ tidak akan menjadi jegalan buatnya. Melainkan pujian. Bagian terbaiknya adalah elemen keluarga-angkat yang menyumbangkan hati buat cerita. Sementara sekuen-sekuen kocak Billy yang belajar menggunakan kekuatan barunyalah yang sepertinya bakal diingat terus oleh penonton. Selain itu, pembangunan drama personal – terutama tokoh jahat – mestinya bisa dilakukan dengan lebih baik lagi
The Palace of Wisdom gives 6.5 out of 10 gold stars for SHAZAM!.
That’s all we have for now.
Melihat dari akhir filmnya, apakah menurut kalian Mary akan memilih untuk melanjutkan ke kuliah yang jauh dari rumah?
Kita semua tentu pernah merasa iri hati, pernahkah kalian membandingkan rasa iri yang kalian rasakan itu lebih sering muncul dalam kondisi yang bagaimana? Mana sih yang lebih rentan iri; anak kecil atau orang dewasa, atau malah sama aja?
Tell us in the comments
Remember, in life there are winners.
And there are losers.
We?
We are the longest reigning BLOG KRITIK FILM TERPILIH PIALA MAYA.
Kalo adegan fightingnya gimana bang? Apa masih seruan Man of Steel?
Soalnya bagi gue gaya tarung superhero paling keren ya Man of Steel itu, bisa hancur berantakan semuanya haha
man of steel aku belum nonton wkwk.. tapi sebagai gambaran, di shazam berantemnya juga nabrak-nabrak dinding.. bahkan ada adegan dia mau atraksi bikin video yutub ‘melompati gedung’, ternyata dia kurang kuat melompat, malah nabrak gedung itu sampai dindingnya hancur hihihi
Man of steel coba nonton aja bang. Itu awal mulanya DC Extended Universe bang. Ceritanya dark, tapi bener2 greget bang karena waktu itu Chistopher Nolan yang megang naskahnya. Dan tarungnya mantap abis bang, bnyk yg bilang kyk dragon ball wkwkwk.
Sayang banget bang film ini ancur gara2 satu adegan doang. Menurut gue g vital sih bang, tp yg fans fanatik itu yg pada protes
Gara2 adegan itu kahirnya ancur juga DCEU sampai kyk skrg gini. Identitas ceritanya mulai berubah. Kl dulu dark skrg jd penuh komedi kyk Marvel
Maaf ikut-ikut bang, tp mau nanya, jadi kalau mau ikutin DCEU itu awal nontonnya Man Of Steel ya?
Kalau Marvel awalnya dari mana?
Akutu pengen deh ngerti segala macem Marvel sama DCEU, tapi gak ngerti mulai dari mana, wkwkwkkw
kalo runtutan ceritanya, awal MCU itu Capten America yang pertama
wah kebayang sih kalo kayak dragon ball mah ahahaha.. banyak yang protes adegan berantemnya dibuat seperti itu ya? tapi kontinuiti ceritanya jadi cocok kan ya, penduduk kota mulai mempertanyakan superman
kocak banget itu sivana udah ngerasa keren banget kali ya hahahaha, dia ga nyadar suaranya gak kedengeran xD
masih tidak kerasa ‘baru’ banget sih buatku, makanya gak tembus delapan haha
*akhirnya
Momen ngembaliin pistol yg uda direbut untuk ciba ditembakin lagi ke dia – bikin gw geleng2 kepala sambil teriak “Bocah Goobloooook. Anjeeer….!!!”
itu bahaya banget kalo yang ditembak kepala si temennya itu gimana ahahaha… untung perampoknya goblog juga wkwkwk
Ah iya, baru sadar. Coba kalo Shazam komedi aja semua kayak Thor Ragnarok pasti elemen superhero gak seriusnya lebih dapet
ato enggak dari awal, komedinya dulu yang ditonjolin, biar serius dan sedihnya mengisi di tengah
Kalau menurut saya Billy terpilih karena monster yang kasih cobaan udah lolos bareng Dokter Sivana. Selain Billy tidak mendapat cobaan yang berarti, si penyihir udah ga banyak pilihan. Kalau kelamaan ga menentukan pewaris Dr Sivananya bisa merajalela. Sebetulnya Billy ga murni2 banget, tapi setelah terpilih toh berhasil juga jadi hero. Betul ga sih ya? Hehehe.
iya menurutku juga gitu.. siapapun bisa jadi superhero asal tak tergoda setan-setan dosa. Kalo gitu, berarti sebenarnya salah si penyihir juga ya, napa juga dia majang setan-setan itu di depan – jadi pada kegoda semua anak-anak yang ia pilih sebelumnya… mustinya disimpan aja di gudang wkwkwk
Iya betul disimpan di gudang aja bareng boneka Anabel sama Sabrina hahaha.
Gue nonton pas banget baru rilis. Gue bingung kenapa ratingnya di web-web semacem IMDB sama Rotten tinggi banget. Soalnya gue juga setuju, tone cerita di film ini kurang konsisten. 6.5 sih menurut gue paling sesuai. Hmm… kadang gue berpikir apa selera film gue kerendahan yak wkwkw
haha iya, aku sama rating tomato agak kurang cocok, sedikit lebih akur sama IMDB – tapi ya IMDB kalo film-film baru suka ‘kelewat’ tinggi, ntar udah lamaan baru mirip-mirip xD
kalo aku kadang mikir, “semakin banyak nonton kok aku jadi semakin pelit ya” hahaha
Aku merasakan geregetan nonton film ini. Adegan pahlawannya itu nanggung. Di saat aku mengira, momen ini muncul kekuatannya, tapi malah kabur, malah menghilang.
Bener2 kesel nontonnya. Terutama bagian dia menggunalan kekuatan untuk show-off, sampai mecelakai truk.
Jokes2 saat bertarungnya terlalu banyak, gak membuat aku merinding dan gak lucu jadinya… gak bisa membuatku berkata “waaoooww” 😀
hahah.. mungkin ini hanya pendapatku, tapi THOR RAGNAROK masih lebih lucu. Lebih suka gaya khas Marvel.
setuju deh aku, Ragnarok lebih lucuuu
Shazam ini kadang aku bingung melihat penggambaran sikapnya; dia anak kecil yang lugu atau orang dewasa yang blo’on. Yang aku ngakak banget pas yang shazam ama musuhnya ‘ngobrol’ terpisah jauh itu aja sih hahaha